Sukses

Setop 5 Kesalahan Saat Merawat Rambut Berikut Ini

Sadarkah Anda rutinitas harian yang sederhana ternyata justru membuat rambut menjadi rusak?

Liputan6.com, Jakarta Setiap wanita pasti mendambakan rambut yang indah, kuat dan berkilau. Berbagai cara mungkin sudah dilakukan untuk mendapatkan rambut yang tak hanya sehat, tapi juga indah. Misalnya makan makanan sehat atau pergi ke salon untuk melakukan berbagai perawatan.

Namun, tanpa sadar rutinitas harian yang sederhana ternyata justru membuat rambut menjadi rusak. Apa sajakah?

Melansir dari Brightside, Jumat (29/12/2017) ada lima kesalahan saat merawat rambut yang harus segera Anda hentikan sekarang juga agar rambut tetap sehat, kuat, dan terawat.

1. Menyisir Rambut Saat Masih Basah

Masih sering menyisir rambut saat masih basah? Saatnya Anda menghentikannya dari sekarang. Ketika masih basah, rambut jadi lebih mudah rapuh dan rentan terhadap kerusakan. Solusinya adalah biarkan rambut mengering secara alami dan gunakan vitamin atau serum rambut sebelum menyisirnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

2. Menggunakan Sisir yang Kotor

Ilustrasi Foto Rambut Rusak dan Kering (iStockphoto)

Saat menyisir rambut, banyak partikel kulit mati yang menempel pada sisir sehingga menimbulkan tumbuhnya bakteri. Selain itu, kulit mati juga dapat menstranfer kembali ke kulit kepala jika Anda tak rajin mencuci sisir hingga bersih. Solusinya, rajinlah mencuci sisir Anda saat sudah mulai kotor atau melapisi sisir menggunakan tisu terlebih dahulu sebelum menyisirnya agar tetap bersih.

3. Keramas Setiap Hari Menggunakan Air Hangat

Kelenjar di kulit kepala kita menghasilkan minyak alami yang penting untuk rambut sehat. Sementara air panas bisa mengeluarkan minyak alamu yang justru membuat rambut Anda kering dan rapuh. Cucilah rambut secara rutin setiap dua atau tiga kali seminggu jika Anda memiliki rambut sangat berminyak. Dan sebaiknya jangan mencuci rambut setiap hari dan menggunakan air hangat.

 

3 dari 3 halaman

4. Menyisir Rambut Terlalu Sering

Ilustrasi Foto Rambut Rusak dan Kering (iStockphoto)

Jika Anda menyikat rambut datau menyisirnya dari akar, akan menarik banyak rambut sehingga mudah rontok. Melakukan hal ini juga dapat melemahkan akar. Jadi sebaiknya selalu mulai menyikat rambut dari pangkal dan ujungnya tanpa berlebihan.

5. Mengikat Rambut Terlalu Kencang

Sering mengikat rambut dengan sangat erat akan merusak rambut dari akarnya. Jika rambut ditata ponytail adalah gaya yang Anda sukai, hindari mengikatnya terlalu kencang ke atas. Sebaiknya tata rambut secara bergantian untuk menghindari kerusakan rambut seperti patah dan rontok.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.