Sukses

5 Hal Mengejutkan yang Ternyata Menyebabkan Jerawat

Ternyata, ada beberapa hal mengejutkan yang bisa menyebabkan jerawat, penasaran apa saja? Simak ini.

Liputan6.com, Jakarta Jika selama ini Anda selalu memiliki masalah dengan jerawat, ini bisa disebabkan oleh beberapa hal yang mengejutkan. Ya, ternyata ada beberapa hal mengejutkan yang dapat menyebabkan jerawat pada kulit Anda, seperti dilansir dari teenvogue.com, Rabu (27/12/2017). Penasaran?

1. Anda mencuci muka dengan cara yang salah

Bukan rahasia lagi jika membersihkan dan mencuci muka di malam hari setelah sepanjang hari Anda mengenakan makeup adalah satu keharusan yang penting. Namun, jika Anda menggunakan sabun muka yang membuat wajah terlalu kering, ini adalah tanda.

Sabun tidak akan langsung memicu jerawat, namun membuat kulit menghasilkan minyak secara berlebihan untuk mengimbangi kekeringan yang terjadi. Ya, minyak itulah yang kemudian membuat komedo dan jerawat.

Atau Anda sering melakukan eksfoliasi yang justru mengiritasi kulit dan menyebabkan radang, serta jerawat. Waspadalah terhadap wewangian sintetis, deterjen, dan surfaktan, seperti natrium lauril sulfat dan benzoyl peroxide.

2. Ponsel

Permukaan ponsel yang Anda sentuh sepanjang hari tersebut adalah rumah bagi bakteri yang pada akhirnya menimbulkan malapetaka bagi wajah. Keringat dapat menyebabkan minyak menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Hal mengejutkan yang menyebabkan jerawat

3. Perhatika olahraga Anda

Berolahraga setiap hari sangat baik bagi tubuh, namun dapat berdampak buruk bagi kulit jika tidak berhati-hati. Alas yoga dan peralatan olahraga cenderung mengandung kotoran, minyak, bakteri, dan kotoran lainnya yang dapat ditransfer ke permukaan kulit Anda.

Produk apapun yang bergesekan dengan kulit akan menimbulkan masalah, karena menjebak minyak, keringat, dan kotoran, yang kemudian menyebabkan jerawat. Gunakanlah pakaian yang lebih longgar saat berolahraga.

4. Perdebatan tentang makanan

Mungkin Anda sering mendengar bahwa mengonsumsi makanan tertentu seperti coklat dapat menyebabkan atau memperburuk keadaan kulit. Lain cerita dengan produk seperti susu, protein whey, dan makanan glikemik tinggi yang memang harus benar-benar dihindari atau dipotong dari kebiasaan, dan perbanyak sayuran, serta buah yang kaya antioksidan.

3 dari 3 halaman

Hal mengejutkan yang menyebabkan jerawat

5. Menggunakan produk perawatan kulit yang sama dengan orang lain

Masalah kulit Anda hanya Anda yang memilikinya, bukan pasangan atau orang lainnya. Inilah mengapa berbagi produk perawatan kulit sebenarnya bukan tindakan yang terpuji, karena apa yang menjadi masalah kulit orang lain, belum tentu juga menjadi masalah kulit bagi Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini