Sukses

Terungkap, Ternyata 4 Makanan Ini Bukan dari Amerika

Jika Anda menganggap hamburger sebagai makanan khas Amerika, maka Anda selama ini telah salah.

Liputan6.com, Jakarta Kebudayaan Amerika memang menyebar secara global di dunia modern. Penyebaran ini terjadi melalui berbagai medium, mulai dari musik, perfilman Hollywood, hingga fashion. Salah satu bagian dari kebudayaan tersebut adalah kuliner. Jika ditanya tentang makanan khas Amerika, apa yang ada di pikiran Anda?

Jika Anda menjawab hamburger, Anda salah besar. Lalu berasal dari manakah hamburger? Melansir halaman Business Insider pada Rabu (27/12/17), berikut ini adalah 4 makanan yang selama ini dianggap khas Amerika.

Hamburger

Masyarakat luas di seluruh dunia mengenal hamburger sebagai makanan khas Amerika. Faktanya, makanan ini berasal dari wilayah Hamburg, Jerman. Makan ini muncul pada abad ke-12 dimana saat itu terjadi pertumbuhan peternakan sapi yang didomestikasi. Pada abad ke-19, ketidakstabilan politik membuat banyak orang Jerman pindah ke Amerika. Dari sinilah hamburger mulai mendapat tempat di kebudayaan kuliner Amerika.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Apple pie

Ada ungkapan yang menyatakan “As American as apple pie”. Akan tetapi, asal apple pie bukan dari Amerika. Resep kue tersebut bisa ditelusuri hingga ke masa Yunani Kuno. Yang mempopulerkan menu ini adalah Inggris di Abad Pertengahan. Racikan apple pie modern dibuat oleh koki kue asal Belanda pada abad ke-15. Imigran asal Belanda dan Inggris di Amerika adalah yang mempopulerkan apple pie di Amerika.

 

3 dari 4 halaman

Doughnut (Donat)

Resep adonan donat modern bukan berasal dari Amerika, melainkan Belanda. Donat diperkenalkan oleh imigran Belanda di New York City. Dahulu nama kue itu adalah Olykoeks yang berarti oily cakes. Pada pertengahan abad ke-19, seorang perempuan dari New England, Amerika, bernama Elizabeth Gregory terkenal dengan donat goreng yang dihias dengan kacang di bagian tengah. Inilah asal usul nama Doughnuts (nuts merujuk pada kacang tersebut). Sementara itu, anaknya berinisiatif membuat donat bolong agar tidak ada lagi bagian tengah kue yang kurang matang.

 

4 dari 4 halaman

Fried chicken

Ini adalah makanan lain yang terkenal khas Amerika. Diperkirakan sajian ayam goreng ini muncul selama masa perbudakan orang kulit hitam di Amerika pada abad ke-19. Ayam goreng adalah menu umum di Afrika.

(Bio in Godbless)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.