Sukses

Tips Memasak Praktis untuk Rayakan Liburan Natal dan Tahun Baru

Liputan6.com, Jakarta Menjelang liburan Natal dan akhir tahun tentu Anda telah menyiapkan menu makanan spesial untuk keluarga. Mulai dari kue sebagai cemilan hingga makanan berat yang disantap untuk makan malam.

Salah satu menu Natal dan tahun baru yang kerap disiapkan adalah makanan yang digoreng dan ditumis. Namun masih banyak yang belum menyadari pentingnya memilih minyak goreng yang tepat saat memasak. Salah satunya yaitu minyak goreng yang melalui dua kali penyaringan dan mengandung vitamin A sehingga makanan tidak hanya lezat namun juga sehat.

Melihat hal ini, brand minyak goreng SunCo memproduksi minyak goreng dengan melalui 5 tahapan proses yaitu 3 kali proses pemurnian, 2 kali proses penyaringan agar menghasilkan minyak yang bening, tidak cepat menghitam, tidak mudah beku, dan karakternya seperti air. Sehingga ketika dipakai untuk menggoreng atau menumis menghasilkan makanan yang gurih, crispy, dan sedikit nempel pada masakan. Masakan Natal dan tahun baru Anda pun akan terasa lebih nikmat.

 

1 dari 3 halaman

Tips Masak saat Liburan Natal dan Tahun Baru

Menurut Reisa Broto Asmoro, dokter dan juga host di salah satu televisi swasta ini cara aman memasak untuk keluarga adalah mengetahui ciri-ciri minyak goreng yang baik.

“Konsumen perlu tahu minyak goreng baik itu seperti apa. Pertama, dipastikan terbuat bukan dari bahan yang berbahaya untuk tubuh. Kedua, memiliki titik didih yang tinggi. Ketiga, berwarna bening tidak cepat menghitam. Kemudian tidak mudah beku, tekstur seperti air, yaitu tidak lengket dan mudah mengalir, sehingga sedikit nempel dimakanan,” kata Reisa.

 

2 dari 3 halaman

Tips Masak saat Liburan Natal dan Tahun Baru

Tidak hanya mengetahui seperti apa ciri-ciri minyak goreng baik, Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara memakai minyak goreng yang benar saat memasak. Sebagai seorang ahli gizi, Rita Ramayulis menuturkan salah satu kebiasaan yang salah saat memasak menggunakan minyak goreng adalah menggunakannya secara berulang-ulang hingga minyak berubah warna.

“Saat memanaskan minyak goreng dengan suhu tinggi dan digunakan secara berulang akan mengakibatkan minyak mengalami kerusakan karena adanya oksidasi yang membuat makanan menjadi bau, sehingga tidak sehat,” tutup Rita.

Bagaimana sudah siapkan Anda menyajikan menu terbaik untuk hari Natal dan tahun baru bersama keluarga?

Artikel Selanjutnya
Nuansa Tropis untuk Rayakan Tahun Baru China, Mau Coba?
Artikel Selanjutnya
Jajanan Seru Sandwich Setengah Meter, Penasaran?