Sukses

Ternyata Meja Kerja Bisa Menunjukkan Kepribadian Seseorang

Liputan6.com, Jakarta Percayakah Anda jika meja kerja bisa menunjukkan kepribadian pemiliknya? Dilansir dari Myfatpocket, seorang penulis buku psikologi, Lily Bernheimer membenarkan bahwa kebiasaan Anda menata meja kerja dapat memberikan banyak informasi mengenai kehidupan pribadi Anda.

Lily mengungkapkan ada lima jenis meja kerja yang dapat diidentifikasi untuk menujukkan seperti apa kepribadian Anda yang sebenarnya.

Clutterer

Apabila Anda memiliki meja kerja yang berantakan, penuh warna, kertas dan peralatan tulis berserakan, maka Anda bisa dikategorikan adalah seorang ekstrovert. Mereka dengan tipe ini adalah orang yang mudah bosan, senang dengan kebebasan, memiliki kebutuhan interaksi sosial yang tinggi dan tidak terlalu membutuhkan ruang pribadi.

Mereka juga cenderung lebih ceria, ramah dan biasanya tidak memiliki cukup waktu untuk membereskan meja mereka. Mereka dengan tipe ini, tidak akan terganggu dengan meja yang berantakan justru mereka tidak akan merasa nyaman bekerja pada suasana yang rapi dan bersih.

Minimalis

Ruang kerja yang sangat rapi dan terorganisir menunjukkan bahwa Anda adalah orang memiliki kepribadian teliti, tertib, disiplin dan berhati-hati. Mereka dengan tipe ini akan berusaha meletakkan sesuatu benda pada tempatnya dan mengorganisir arsip dengan baik.

Namun tahukah Anda, orang-orang yang memiliki meja kerja minimalis adalah mereka yang dapat diandalkan, pekerja keras, fokus, dan sangat senang mengerjakan sesuatu sesuai dengan rencana yang telah disusun. Hanya saja menurut Lily, mereka dengan tipe minimalis ini tidak sekreatif tipe clutterer, tidak terlalu senang berinovasi terhadap sebuah strategi baru dan kurang berkomitmen

 

1 dari 3 halaman

Expander

ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

Beberapa kantor memang memiliki meja bersekat sebagai meja kerja karyawannya, sehingga membuat sebagain penggunanya akan protektif terhadap wilayah kekuasaan mereka. Nah, mereka yang memiliki perilaku teritorial ini manandakan bahwa mereka adalah seseorang dengan kepribadian lebih dominan, agresif, kurang peka terhadap orang lain disekitarnya.

Surveyor

Orang-orang yang senang bekerja pada sebuah ruangan yang tertutup merupakan tipe introvert. Mereka lebih senang duduk di pojokan, di belakang ataupun tempat-tempat yang sedikit tertutup.

Mereka dengan tipe ini akan merasa terganggu dan tidak nyaman ketika berada pada tempat yang ramai, memiliki tingkat kecemasan yang tinggi. Hanya saja mereka biasanya lebih kreatif, produktif, simpatik dan cenderung untuk membantu sesama.

 

2 dari 3 halaman

Personaliser

ilustrasi Foto Wanita Karir (iStockphoto)

Memiliki meja kerja yang khas, bergaya dan tidak segan-segan memajang beberapa foto pribadi pada meja kerja mereka adalah tipe orang yang dengan kepribadian sangat kreatif, intelektual, terbuka terhadap pengalaman baru, artistik dan imajinatif.

Biasanya mereka dengan tipe kerja seperti ini adalah seringkali ditemukan pada kaum wanita dibandingkan dengan para pria.

*(Latifah Gusri)

 

Artikel Selanjutnya
Bukan Sombong, 1 Sifat Ini Bikin Anda Dibenci Orang
Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Wanita Pantau Ini Sebelum Tentukan Pria Idaman