Sukses

10 Trik dari Tubuh Manusia yang Buat Hidup Lebih Mudah

Tubuh manusia memiliki trik tertentu untuk mempermudah hidup Anda.

Liputan6.com, Jakarta Tubuh kita merupakan sepenuhnya mesin yang cukup kompleks yang bisa sangat sulit dikendalikan. Tampaknya beberapa hal terjadi begitu saja secara alami tanpa kita tahu bagaimana cara menghentikannya, seperti bersin atau cegukan. Bersin ataupun cegukan sangat menganggu aktivitas sehari-hari.

Namun ternyata, ada beberapa trik dari tubuh manusia yang bisa Anda gunakan untuk membuat hidup Anda lebih mudah. Dilansir dari brightside.me pada Kamis (21/12/2017), ada 10 trik yang bisa Anda coba untuk bisa mengendalikan tubuh Anda.

1. Tekan kulit di atas jembatan hidung dengan jari jika tak ingin bersin

Ketika Anda menekan kulit di jembatan hidung, otak Anda menerima sinyal untuk menghentikan sejumlah proses, seperti bersin. Sebaliknya, jika Anda ingin bersin namun tidak bisa, lihatlah ke arah lampu yang terang

2. Tutup kuping untuk mendengar lebih baik

Ketika Anda berada di sebuah konser atau sebuah tempat dengan musik yang sangat keras, dapat dipastikan Anda tidak akan mampu mendengar suara teman Anda. Jika ingin mendengar lebih baik, tutup trangus atau benjolan di telinga Anda. Trik ini sering digunakan oleh penyanyi ketika mereka sedang tampil

3. Meniup ibu jari jika merasa cemas

Reaksi ini bisa dijelaskan oleh stimulasi saraf vagus yang membuat jantung Anda berdetak lebih lambat dan menurunkan tekanan darah. Jika Anda berada di situasi yang mengkhawatirkan, tubuh akan merasa tidak nyaman. Namun, cukup tekan jari-jari ke dalam kepalan tangan dengan ibu jari, dan tiup kepalan tangan tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

10 Trik dari Tubuh Manusia yang Buat Hidup Lebih Mudah

4. Tekan lidah dengan es batu untuk menghilangkan cegukan

Tarik ujung lidah Anda, kemudian tekan es batu di atas lidah. Atau Anda bisa menelan sebuah kubus gula. Anda juga bisa menghilangkan cegukan dengan menutup telinga dengan telapak tangan dan minum segelas air melalui sedotan dalam satu napas.

5. Gunakan kaki kiri jika mengalami keram di tubuh bagian kanan

Saat berlari tanpa melakukan pemanasan, kerap kali Anda akan mengalami keram di tubuh bagian kiri atau kanan. Jika mengalami keram di tubuh bagian kanan, buang nafas sambil menginjak kaki kiri. Hal yang juga Anda gunakan untuk mengatasi keram di tubuh bagian kiri.

6.Tahan nafas jika Anda ingin bangun lebih cepat

Dengan melakukan ini, irama jantung Anda akan meningkat dan tubuh mengirim perintah untuk mengaktifkan rezim aktif. Jangan terlalu sering melakukannya karena akan membuat jantung Anda tertekan.

7. Anda moody? Gigit pensil

Rahasianya sederhana. Jika Anda menggigit pensil secara horisontal, otot yang juga membuat senyum juga akan bekerja. Impuls yang relevan dikirim ke otak melalui saraf, dan mulai memproduksi endorfin yang merupakan hormon bahagia.

3 dari 3 halaman

10 Trik dari Tubuh Manusia yang Buat Hidup Lebih Mudah

8. Aktifkan supermemory dengan tangkai rosemary

Jika Anda sedang ujian, akan ada banyak materi yang harus dihafalkan. Untuk membantu menghafal dengan lebih cepat dan lebih baik, Anda bisa mencium setangkai rosemary.

9. Ketika kaki Anda merasa keram ketika tidur

Mungkin Anda merasa tidak nyaman di kaki atau lengan Anda saat tertidur. Lengan dan kaki akan seperti mati rasa. Anda bisa menggelengkan kepala selama merasa mati rasa. Ini akan membuat otot rileks dan Anda akan kembali merasakan kaki dan lengan.

10. Jepit hidung jika ingin berbohong

Jika Anda ingin berbohong, Anda akan merasa gugup dan jantung akan berdetak begitu cepat. Untuk menghilangkan efek gugup tersebut, jepit hidup Anda dengan jari. Kemudian tutup telinga dan hembuskan nafas. Ini akan mengubah tekanan di dalam telinga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.