Sukses

Catat, Cara Menghilangkan Ketombe dan Rambut Rontok di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Memiliki ketombe di kepala mampu membuat penderitanya serba salah. Mau pakai baju gelap, takut kelihatan ketombenya berjatuhan di pakaian. Ingin menggaruk kepala karena gatal, tetapi takut rambut jadi rontok. Pokoknya, mau ngapain aja enggak enak deh.

Namun, apa sih sebenarnya hubungan menggaruk kepala dengan rambut rontok? Sebenarnya tidak ada hubungan secara langsung antara keduanya, tetapi menggaruk kepala bisa menimbulkan gesekan dan tarikan rambut, sehingga rambut lebih mudah rontok.

Jadi, sebaiknya atasi ketombe di kepala agar penampilan tidak terganggu, kepala tidak terus menerus terasa gatal, dan rambut tak mudah rontok. Enggak perlu biaya mahal dan harus repot-repot ke salon, mengatasi ketombe dan rambut rontok juga bisa dilakukan di rumah dengan cara simpel kok. Apa saja cara menghilangkan ketombe dan rambut rontok?

Jalani kebiasaan sehat

Kebiasaan hidup sehari-hari juga berpengaruh terhadap timbulnya ketombe di kepala dan rambut rontok. Jangan terlalu sering mengeringkan rambut menggunakan hair dryer, biarkan saja rambut kering secara alami. Hal ini untuk menghindari kulit kepala terkena suhu terlalu panas, yang dapat menyebabkan ketombe dan rambut mudah rontok.

Selain itu, hindari pula penggunaan gel atau hairspray terlalu sering. Penggunaan keduanya yang terlalu banyak dapat menyebabkan kulit kepala jadi kering, iritasi, dan semakin mudah gatal.

Menurut ahli dermatologi, Gary L. Marder, stres dan kurang tidur juga berpengaruh terhadap masalah kulit kepala dan rambut rontok. Karena itu, ia menyarankan untuk tidur cukup, minimal delapan jam sehari.

Gunakan bahan yang ada di dapur

Selain pakai shampo anti ketombe yang bagus, Anda juga bisa lho membuat obat anti ketombe sendiri dari bahan-bahan yang ada di dapur rumah. Bagi Anda yang hobi bikin kue, coba aplikasikan juga baking soda di kulit kepala Anda. Baking soda ampuh menghilangkan rasa gatal di kulit kepala.

Caranya, taburkan baking soda di beberapa bagian kulit kepala, gosok-gosok selama beberapa menit, kemudian cuci dengan air dingin.

Bahan lain yang bisa dicoba, campurkan minyak tea-tree sebanyak lima tetes dengan shampo. Tea-tree oil memiliki kandungan anti-jamur yang bisa mengatasi rasa gatal dan minyak berlebih di rambut.

Gunakan shampo anti ketombe

Tidak bisa tidak, Anda harus menggunakan shampo untuk menghilangkan ketombe dan rambut rontok. Kandungan dari shampo anti ketombe yang bagus umumnya sudah diformulasikan sedemikan rupa untuk memerangi ketombe sekaligus rambut rontok.

Contohnya, shampo CLEAR Anti Hair Fall. Shampo ini dilengkapi dengan formula Natrium Ginseng yang dapat menutrisi rambut, mengembalikan kekuatan rambut, dan mengurangi rambut rontok hingga 98 persen.

Selain itu, CLEAR juga mengembangkan formula baru, yaitu Natrium 10 yang merupakan kombinasi 10 bahan aktif. Formula ini mampu mengembalikan nutrisi penting pada kulit kepala, sehingga dapat mengatasi ketombe dan mencegahnya balik lagi.

Jadi, mulai sekarang perangi ketombe dengan CLEAR Anti Hair Fall dan CLEAR Men Anti Hair Fall untuk pria agar rambutmu dandruff proof dan anti-rontok. Dijamin tak ada ketombe yang terlihat dengan pemakaian teratur!

 

 

(Adv)

Artikel Selanjutnya
Tanpa Menggunakan Apapun, Cara Terbaik untuk Mengeringkan Rambut
Artikel Selanjutnya
Jangan Kuncir Rambut Saat Berkeringat, Ini Akibatnya