Sukses

Ini Dia Jurus Gaya Hidup Sehat Tingkatkan Kesuburan

Ada banyak alasan mengapa seorang wanita merasa sulit untuk hamil, salah satunya pola hidup sehat yang terabaikan.

Liputan6.com, Jakarta Ada beberapa alasan mengapa seorang wanita merasa sulit untuk hamil. Hal tersebut dikarenakan alasan medis seperti gangguan ovulasi, sindrom ovarium polikistik (PCOS), cadangan ovarium yang rendah serta faktor dari kualitas sperma yang lemah dari pria. Tapi tahukah Anda, di antara alasan tersebut ternyata gaya hidup pun memiliki pengaruh yang besar?Dirangkum dari hellomagazine.com, Senin (18/12/2017), berikut merupakan gaya hidup yang harus Anda terapkan untuk meningkatkan kesuburan yang direkomendasikan oleh Dr Walker, seorang spesialis kesuburan Institut Marquès.

Jauhi Rokok dan Alkohol

Meskipun sesekali segelas alkohol tidak membahayakan kesuburan Anda, alangkah lebih baik jika seseorang tidak mengkonsumsinya. Selain akan mengganggu kesuburan Anda, konsumsi alkohol juga akan memperburuk kesehatan. Hal ini pun berlaku pada rokok.

Jaga Pola Makan

Tak banyak orang tahu, ternyata diet sehat juga membawa manfaat untuk kesuburan seseorang. Hal ini dikarenakan diet yang mengandung nutrisi dan mineral yang tepat akan meningkatkan sistem reproduksi serta mengatur hormon. Pastikan diet Anda mencukupi kebutuhan protein, zat besi, seng, vitamin C, dan vitamin D tubuh.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Seks Teratur

Hal ini sangat jelas manfaatnya, namun Anda harus perhatikan frekuensinya. Apalagi bagi pria, ejakulasi teratur bisa meningkatkan kualitas sperma.

Hindari Stres

Studi menunjukkan bahwa ada hubungan antara stres dan ketidaksuburan. Stres dapat mengatur produksi hormon tubuh Anda, membuat siklus haid tidak teratur. Hal ini juga dapat menyebabkan hilangnya libido, yang pada gilirannya dapat mengurangi jumlah hubungan sekssehingga menurunkan peluang untuk hamil.

 

3 dari 3 halaman

Perhatikan Siklus Haid

Bagi wanita, memprhitungkan siklus haid bisa membantu Anda mengetahui masa subur. Jika siklus haid Anda biasanya berlangsung 28 hari maka kemungkinan Anda akan berovulasi pada hari ke 14 setengah jalan melalui siklus Anda. Oleh karena itu, masa subur Anda antara hari ke 10 dan 14 atau 15.

Jaga Berat Badan

Kelebihan lemak tubuh dapat menyebabkan kelebihan produksi hormon tertentu yang mengganggu ovulasi. Hal ini juga berlaku saat Anda kehilangan berat badan secara drastis. (Risqi Rosmalawati)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini