Sukses

Ribuan Warga Bergaya Hidup Kuno di Festival Lumajang Zaman Dulu

Liputan6.com, Lumajang  

Sejarah memang tak boleh dilupakan, untuk mlestarikan sejarah lama, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang, menggelar event Lumajang zaman dulu, Senin (11/12/2017) siang.

Bertempat di kawasan Wonorejo terpadu, Desa Wonorejo Kecamatan Kedungjajang Lumajang. event Lumajang zaman dulu digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lumajang.

"Kita tidak terlena dengan kehidupan modern, untuk membentuk karakter ya model zaman dululah yang punya tujuan, pembentukan karakter dan tetap bermain," tutur Bupati Lumajang, As'at Malik.

Event tahunan yang digelar dalam rangka memperingati hari jadi Lumajang yang ke 762 tahun ini diharapkan menjadi media perekat rasa cinta dan gotong royong, kebersamaan sesama warga Lumajang, pembentukan karakter positif anak-anak, serta sejarah lama tak lagi tenggelam dan dilupakan para muda-mudi sekarang.

"Dulu permainan itu bersama-sama seperti main Karet Tali, Bendan, Sodor. Ini yang membentuk karakter, tidak harus di sekolah tapi juga di lingkungan rumah," katanya.

Daam acara inilah peninggalangan sejarah kembali dipamerkan mulai dari perkampungan, makanan tradisional, pendidikan sekolah rakyat, permainan tradisional hingga kesenian zaman dahulu. Tak hanya itu, acara kian meriah karena para pengunjung mengenakan pakaian tradisional, serasa tinggal pada zaman dahulu.

Bahkan, event ini juga dimanfaatkan oleh sejumlah lembaga pendidikan untuk mengenalkan sejumlah barang-barang zaman dahulu kepada peserta didik.

"Makanan saja dulu makan bersama-sama, sekarang kan kemasannya satu-satu dan di sini kita bisa melihat kehidupan zaman dulu," ucapnya.

 

1 dari 2 halaman

Festival di Lumajang

Warga mengaku senang dengan digelarnya Lumajang zaman dulu ini. Salah satunya adalah Ana Rahmawati yang sangat senang dengan adanya Lumajang jadul ini.

"Jadi anak-anak yang diajak ke sini mendapat tambahan pengetahuan yang bermanfaat, kami dapatkan rasa kekeluargaan, jarang berkumpul namun kita bisa berkumpul dengan baju tempo dulu sehingga terasa saling bersaudara," ucap Ana.

"Perasannya senang, bisa pakai baju zaman dulu, karena sebelumnya gak tahu dan sekarang menjadi tahu, baru pertama kali, ke sini sama ibu guru," ujar Sinta, salah satu pengunjung anak-anak.

Kegiatan ini merupakan yang ke tiga kalinya digelar. Event Lumajang zaman dulu ini digelar selama tiga hari, sejak Sabtu hingga Senin ini. Jika Anda sedang berlibur ke Jawa Timur, mampirlah ke kawasan Wonorejo Terpadu Lumajang, di sini Anda akan tahu banyak soal sejarah Kota Lumajang yang berada di lereng Gunung Semeru.

Artikel Selanjutnya
Jawa Timur Punya 482 Event Wisata dan Budaya Sepanjang 2018
Artikel Selanjutnya
Siap-Siap Piknik ke Jawa Timur, Ada 482 Agenda Wisata Seru