Sukses

Kepribadian dalam Mengelola Uang Seperti Superhero

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang pasti punya cara mengelola uang yang berbeda-beda. Begitu pun dengan para superhero di Marvel atau DC Comics. Di balik kostum canggih para superhero ini, mereka juga manusia. Dalam kisahnya mereka menjalani kehidupan sehari-hari layaknya manusia biasa. Termasuk dalam mengelola keuangan.

DuitPintar.com mencoba menganalisa cara mengelola uang ala superhero dan mencocokkannya dengan kepribadian Anda. Lantas, termasuk superhero yang manakah Anda? Coba simak ulasannya di bawah ini.

1. Superman

Kalau Anda hidup sederhana dan tidak pernah lupa menabung, maka Anda adalah Superman. Manusia super dari Planet Krypton bernama Kal El atau Clark Kent ini berprofesi jurnalis. 

Superman punya tempat tinggal yang sederhana, yaitu Fortress of Solitude. Tidak ada barang-barang mewah di tempat itu. Dia juga tidak sering foya-foya dan beli barang-barang konsumtif.

Intinya, Superman selalu mengeluarkan uang saat dibutuhkan saja. Tidak heran kalau Lois Lane bisa terpikat dengan superhero yang satu ini.

2. Wolverine

Anda tahu cara mendapatkan uang, tapi Anda sering mengeluarkan uang tanpa pertimbangan. Itulah kebiasaan Wolverine. Wolverine memang terkenal sebagai superhero yang keren. Namun jangan salah, dia juga cukup emosional dalam menanggapi sesuatu. Karakternya seringkali impulsif dan spontan dalam mengambil keputusan.

Dalam seri film X-Men, Wolverine bergantung kepada Profesor X untuk urusan tempat tinggal dan makan. Tapi di film Logan, dia justru merawat profesor X dengan mata pencariannya sebagai supir taksi online.

Coba bayangkan, sudah setua itu, Wolverine masih hidup serba kekurangan alias tak punya tabungan. Buktinya, dia masih harus kerja serabutan saat sudah tua untuk menghidupi diri sendiri dan Profesor X. Tempat tinggalnya pun cukup memprihatinkan. Masih mau jadi Wolverine?

3. Spiderman

Pada dasarnya, Anda ingin makmur tapi Anda tak tahu cara mengelola uang yang baik. Coba perhatikan, Peter Parker punya pekerjaan sebagai fotografer freelance dan pengantar pizza. Tapi kenyataannya, dia masih jauh dari kemapanan.

Apartemennya di New York juga terlihat biasa-biasa saja. Tak ada hal mewah yang dimiliki Parker.

Tak bisa dipungkiri, kebanyakan dari kita ini mirip Spidey dalam hal menabung. Kita bekerja dengan cukup keras, tapi sepertinya uang gaji hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari saja. Lalu kapan menabungnya?

Tapi, kalau untuk urusan karakter, Spiderman bisa ditiru oleh Anda yang mau berbisnis lho. Sebab, dia rendah hati dan pantang menyerah.

1 dari 3 halaman

4. Ironman

Tony Stark punya uang yang sangat banyak, dan kadang dia tidak paham apa yang bisa dilakukan dengan uang sebanyak itu. Sering bukan menyaksikan Ironman menggelar pesta dan hura-hura dalam filmnya?

lustrasi Investasi Penanaman Uang atau Modal (iStockphoto)

Hidup sebagai miliarder adalah keberuntungan yang tak ternilai harganya. Tapi bayangkan kalau sewaktu-waktu kita bangkrut. Kira-kira bisakah kita hidup susah?

Kalau Anda berpendapat bahwa Anda tak mungkin jatuh miskin, ingat kalau tidak ada yang bisa menjamin masa depan. Bunga deposito saja akhirnya merosot, beli emas juga sekarang ada pajaknya. 

Makanya jangan sampai terlena dan terus mengikuti cara mengelola uang ala Ironman ini. Meskipun uang Anda banyak, selalu ingat untuk menabung dan hidup sederhana ya.

 

2 dari 3 halaman

5. Batman

Anda adalah seorang ksatria dan seorang kaya raya yang dermawan. Batman adalah seorang kaya raya seperti Ironman, namun dia cerdas dalam mengelola uang. Bisnis yang digelutinya terus mengalami pertumbuhan dari tahun ke tahun.

Ilustrasi Mengelola Perencanaan Keuangan (iStockphoto)

Meski Anda adalah seseorang yang sering berpesta, Anda juga punya pendapatan pasif yang sangat besar dari investasi. Sebagai orang kaya, Anda juga tahu betul bagaimana cara mengelola uang yang baik. 

Jadi, mirip superhero yang manakah Anda soal pengelolaan keuangan?

 

Artikel Selanjutnya
PPATK Waspadai Penggunaan Bitcoin untuk Pencucian Uang
Artikel Selanjutnya
PPATK: Fintech Rawan Disusupi Tindak Pencucian Uang dan Terorisme