Sukses

Belanja Online 5 Barang Ini, Lebih Baik Bayar di Tempat

Liputan6.com, Jakarta Saat ini hampir semua barang bisa dibeli online. Cukup buka situs jual-beli, cari barang yang dicari, lalu transfer pembayaran. Barang akan dikirim ke alamat yang tertera beberapa saat setelah belanja online dilakukan.

Namun, ada beberapa barang yang sebaiknya Anda teliti terlebih dahulu sebelum membayar. Alih-alih bertransaksi online, pilih saja metode pembayaran COD alias cash on delivery untuk membeli barang-barang tertentu agar sesuai dengan harapan.

Menurut DuitPintar.com, berikut ini barang-barang yang lebih baik ditransaksikan lewat COD ketika belanja online.

1. Gadget

Gadget, terutama smartphone, kini banyak ditawarkan secara online. Namun sebaiknya kita memilih opsi COD untuk membeli barang ini. Dengan COD, kita bisa melihat langsung penampakan gadget tersebut sebelum menyerahkan uang. Ini terutama bila kita beli gadget yang memang belum resmi dipasarkan secara umum. 

Mengingat harga gadget juga tidak murah, cara ini pun ampuh untuk mengantisipasi kerugian saat belanja online. Pembayaran via COD juga bertujuan meminimalkan risiko barang rusak saat dikirim, misalnya jatuh. Ketika menerima dalam keadaan rusak saat COD-an, tentu kita bisa langsung retur ke kurir online shop tersebut. Berbeda saat barang dikirim kurir logistik.

2. Barang koleksi

Barang koleksi adalah sesuatu yang berharga. Jangan sampai barang yang dibeli tidak sesuai dengan yang ditawarkan. Misalnya mau beli miniatur mobil dengan spesifikasi tertentu. Di situs, informasi yang diberikan pas dengan yang dicari. Tapi info itu saja belum cukup meyakinkan. Lebih baik COD untuk lebih memastikan bahwa barang itulah yang dicari. Terutama untuk mengecek keasliannya.

3. Barang bekas

Barang second alias bekas amat rentan saat dibeli secara online. Ini berkaitan dengan kondisi barang yang sudah tak baru lagi itu. Usahakan cari penjual yang menjelaskan kondisi bekas barang itu berapa persen. Misalnya 90 persen, ada lecet sedikit di ujung.

Agar lebih afdol, cek sendiri barang second itu dengan memilih opsi COD ketika belanja online. Dengan begitu, bisa tahu sama tahu cacat yang ada pada barang. Bila sesuai dengan iklan, tinggal bayar di tempat.

Supaya lebih aman, pilih situs jual beli online yang sudah terpercaya untuk beli barang bekas.

 

1 dari 2 halaman

4. Kendaraan

Kini kendaraan baru juga bisa dibeli online. Beberapa marketplace menyediakannya, lengkap dengan diskon yang menggoda. Namun kendaraan yang dibeli online bisa jadi tak sesuai dengan apa yang kita inginkan. Umumnya memang kita harus test drive lebih dulu sebuah kendaraan yang akan dibeli. Itulah sebabnya sebaiknya beli kendaraan secara online dituntaskan dengan COD. Saat kendaraan datang, coba dulu. Bila cocok, baru bayar.

5. Barang Fashion

Ini yang sering salah perhitungan kalau dibeli online. Barang yang menempel badan, seperti baju, celana, dan sepatu, banyak sekali ditawarkan di situs jual beli online.Tapi hati-hati, kalau semua proses dilakukan online, Anda bisa masuk jebakan. Mungkin saja ukurannya tidak sesuai. Atau warnanya berbeda dengan yang ada di iklan. Agar tak kecewa, sebaiknya minta transaksi diselesaikan lewat COD. Nantinya barang dilihat dan dicoba dulu di rumah. Bila dirasa pas, baru dibayar.

Sayangnya, belum semua marketplace ataupun situs jual-beli menyediakan COD sebagai pilihan transaksi. Hanya marketplace besar dan punya kurir sendiri yang menyediakannya. Padahal, kalau fitur itu ada, pasti banyak konsumen yang tertarik. Terlebih bila barang yang dibeli harganya mahal. Sepanjang pilihan COD ada, sebaiknya dipakai bila beli barang-barang di atas saat belanja online.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
The Body Shop Tutup Toko di Inggris
Artikel Selanjutnya
5 Prediksi Tren e-Commerce di Indonesia pada 2018