Sukses

5 Hal Penting yang Bisa Anda Lakukan dengan Uang Rp 20 Juta

Liputan6.com, Jakarta Tahukah Anda kalau uang Rp 20 juta itu bisa lebih bermanfaat ketimbang sekadar untuk bersenang-senang? Manfaatnya pun tidak main-main, bisa menambah penghasilan. Tidak percaya? Dikutip dari DuitPintar.com, berikut beberapa hal bermanfaat yang bisa Anda lakukan dengan uang Rp 20 juta.

1. Beli emas

Harga emas di Antam sekarang sekitar Rp 620 ribu per gram. Kalau punya uang Rp 20 juta, bisa beli berapa batang emas Antam ya? Anda bisa bawa pulang setidaknya 32 gram emas.

Emas adalah investasi yang populer sejak zaman kakek-nenek kita. Harganya cenderung naik dari tahun ke tahun. Lumayan sebagai batu pijakan sebelum berinvestasi ke instrumen lainnya yang lebih menjanjikan.

2. Investasi di P2P lending

Bagi Anda yang melek teknologi, coba putar uang Rp 20 juta itu untuk investasi di peer-to-peer (P2P) lending. Dalam skema financial technology (fintech) ini, dana kita akan dipinjamkan kepada debitur dengan imbalan bunga yang kompetitif. Bahkan, ada yang hingga 18 persen dan modal minimal Rp 100 ribu. Jangka waktu pinjaman biasanya minimal tiga bulan dan maksimal satu tahun. Cari saja situs P2P lending yang ternama dan terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Uang kita akan lebih aman, tak perlu takut risiko kena tipu perusahaan fintech abal-abal.

3. Bisnis franchise gerobak

Coba cari info franchise di bawah Rp 20 juta. Franchise adalah salah satu cara berwirausaha yang menjanjikan. Namun, jangan hanya terpatok harga yang murah. Lihat juga reputasi franchise itu. Kalau memang sering laris manis, tak ada salahnya mencoba melakoni bisnis ini.

 

1 dari 2 halaman

4. Beli sepeda motor

Bila Anda belum memiliki kendaraan, mungkin bisa pertimbangkan beli motor demi mobilitas kerja. Motor ini juga bisa dipakai untuk kerja sambilan lo, misalnya jadi pengojek online. Lumayan untuk menambah tabungan modal nikah.

5. Beli saham IPO

Coba rajin baca koran, adakah perusahaan yang mau menggelar initial public offering (IPO) atau jual saham ke publik? Bila ada, telisik bagaimana respons pasar terhadap rencana IPO itu. Biasanya, bila respons pasar bagus, sahamnya bakal jadi rebutan. Sebab, itu artinya potensi keuntungannya tinggi pada masa depan. Anda bisa coba ikutan jadi investor saham murni di bursa efek dengan membeli saham IPO ini.

Uang Rp 20 juta itu tidak sedikit. Sebelum memutuskan untuk mengabiskannya dengan tujuan yang tidak jelas, pertimbangkan baik-baik apakah memang itu merupakan kebutuhan.

Artikel Selanjutnya
10 Contoh Cara Bijak Pakai Kartu Kredit
Artikel Selanjutnya
Perhatikan 7 Hal Ini agar Pinjaman Lebih Bermanfaat