Sukses

5 Hal yang Membuat Jerawat Semakin Parah

Liputan6.com, Jakarta Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang sering dialami hampir sebagian besar orang. Selain mengganggu penampilan, munculnya jerawat juga mampu menurunkan rasa percaya diri seseorang. Rasa stres akibat jerawat yang muncul terkadang membuat Anda frustasi dan hal tersebut membuat jerawat semakin parah.

Seperti yang dilansir dari Glamour.com, terdapat beberapa hal yang ternyata dapat memperburuk kondisi jerawat Anda. Penasaran apa saja? Berikut ulasannya.

1. Melewatkan sunscreen

Anda pasti sudah sangat sering mendengar pentingnya penggunaan sunscreen bagi kulit. Disamping Anda akan terkena resiko kanker kulit jika tak menggunakan sunscreen, terdapat hal lainnya yang mampu merusak kulit akibat kurangnya perlindungan sunscreen. Paparan sinar matahari akan semakin memperburuk kondisi kulit Anda, apalagi jika Anda berjerawat. Maka hal tersebut dapat memperburuk jerawat Anda.

Saksikan Video Menarik Beikut Ini: 

 

Ilustrasi Jerawat Pada Wajah (iStockphoto)

2. Memencet jerawat

Tangan merupakan sumber bakteri. Pasalnya tangan banyak menyentuh beragam benda yang tanpa disadari akan mempermudah tercemarnya bakteri. Jika kulit Anda berjerawat, maka bakteri akan senantiasa berkembang biak dan membuat kulit berjerawat semakin bertambah parah.

3. Perawatan yang tidak konsisten

Merawat kulit dengan beragam produk perawatan memang dibutuhkan. Tapi saat kulit berjerawat, maka kulit dalam kondisi yang lebih sensitif dari biasanya. Nah, menggunakan produk skincare yang berubah-ubah justru akan membuat kulit sulit beradaptasi dan menimbulkan reaksi yang tak diinginkan.

Ilustrasi Jerawat Pada Wajah (iStockphoto)

4. Tidak membersihkan layar ponsel

Tanpa disadari, bakteri banyak terdapat pada layar ponsel Anda. Oleh sebab itu, pastikan layar ponsel tetap bersih terjaga dengan cara rutin membersihkannya. Sehingga saat kontak dengan kulit, tak akan menimbulkan reaksi yang tak diinginkan seperti timbulnya jerawat.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5. Kurang terhidrasi

Ilustrasi Foto Jerawat Pada Wajah (iStockphoto)

Jerawat seringkali diasosiasikan dengan kulit berminyak. Tapi faktanya, minyak yang diproduksi kulit secara berlebih juga bisa diakibatkan oleh kulit yang dehidrasi. Oleh sebab itu, pilihlah pelembap yang tepat untuk kulit Anda. Jika berjerawat, penggunaan pelembap dengan tekstur gel ringan bisa menjadi opsi tepat untuk Anda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jerawat (acne) adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih.

    Jerawat