Sukses

Waspadai Hal Tidak Menyenangkan Ini di Harbolnas 2017

Liputan6.com, Jakarta Harbolnas 2017 akan diselenggarakan sebentar lagi pada 12 Desember 2017. Semua e-commerce yang menjadi partisipan dari pesta belanja online bersiap untuk mengikuti harbolnas. Tak hanya e-commerce, Anda sebagai pembeli pun harus bersiap melakukan belanja online di Harbolnas. Jangan sampai berbelanja online Anda menjadi tidak menyenangkan karena beberapa hal.

Achmad Alkatiri selaku Ketua Panitia Harbolnas 2017 membagikan hal-hal apa saja yang menjadi kekhawatiran selama Harbolnas di Pullman Hotel, Jakarta, Rabu (6/12/2017). Hal-hal tersebut akan membuat belanja Online menjadi tidak semarak lagi. Belajar dari tahun sebelumnya, tahun ini panitia Harbolnas 2017 melakukan berbagai upaya agar hal yang tidak menyenangkan yang terjadi di harbolnas tahun lalu bisa teratasi.

1. Barang palsu

Dalam Harbolnas 2017 akan diikuti oleh 254 e-commerce dari seluruh Indonesia. Artinya akan ada ratusan ribu pembeli yang menjual barangnya secara online Hal ini berpotensi pada pemalsuan barang mengingat banyaknya pilihan barang yang dijual. Untuk mengatasi hal tersebut, panitia Harbolnas 2017 menyediakan complain center bagi Anda sebagai konsumen. Setiap e-commerce memilki penanggung jawab yang akan siaga selama 48 jam untuk menerima segala macam bentuk keluhan konsumen. Anda bisa menghubungi call centre dari tiap e-commerce yang Anda kunjungi. Selain itu, Anda perlu membaca review dan rating dari store yang di e-commerce sebagai pertimbangan kualitas barang yang Anda beli.

Simak video berikut ini:

1 dari 2 halaman

Waspadai Hal Tidak Menyenangkan Ini di Harbolnas 2017

2. Kehabisan barang diskon

Anda pasti akan berebut barang yang didiskon oleh e-commerce dengan pelanggan lain ketika harbolnas tiba. Belum sempat Anda melakukan pembelian, ternyata barang diskon yang Anda pilih sudah habis atau ternyata ada ketentuan yang terlewatkan oleh Anda. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda harus benar-benar jeli memperhatikan segala macam ketentuan barang diskon yang dijual di e-commerce. Setiap e-commerce memiliki ketentuannya masing-masing. Selain itu, panitia Harbolnas 2017 juga telah menghimbau kepada e-commerce terkait untuk memberikan keterangan diskon belanja sejelas mungkin sehingga pelanggan juga memahami jenis diskon yang ia pilih. Panitia Harbolnas 2017 pun juga akan mengumpulkan semua data promo belanja dari semua e-commerce yang terlibat dan akan disebarluaskan melalui laman resminya www.harbolnas.com.

3. Keterlambatan pengiriman

Fullfilment menjadi hal yang tidak menyenangkan lainnya yang biasanya terjadi di harbolnas. Di mana barang yang Anda pesan baru sampai 4-5 hari setelah Anda melakukan pembelian. Padahal biasanya dalam 2-3 hari, barang yang Anda pesan telah sampai. Panitia Harbolnas 2017 sudah memberikan himbauan kepada jasa pengiriman dan logistik untuk menambah kapasitas pengiriman barang. Namun memang tidak bisa dilakukan secara maksimal karena keterbatasan sumber daya yang ada. Oleh karena itu, jasa pengiriman biasanya akan memberitahukan kepada para konsumen bahwa akan ada keterlambatan pengiriman barang. Sehingga konsumen tidak khawatir akan barangnya yang belum sampai. Anda pun juga harus mengantisipasi keterlambatan sampainya barang di rumah Anda dengan melakukan pengiriman melalui jasa pengiriman ojek online. Dapat dipastikan bahwa barang yang Anda pesan akan tiba di hari Anda melakukan pembelian.

Artikel Selanjutnya
6 Cara Mudah Mencintai Diri Sendiri
Artikel Selanjutnya
Ikigai, Cermin Semangat Hidup di Dalam Diri agar Lebih Bahagia