Sukses

Tetap Sehat Kala Erupsi Gunung Agung dengan Cara Ini

Liputan6.com, Jakarta Gunung Agung di Karangasem, Bali, masih terus menunjukkan aktivitas vulkanik hingga kini. Bahkan, beberapa waktu lalu, imbas dari aktivitas Gunung Agung membuat jadwal penerbangan terganggu dan menutup Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Sebagai destinasi wisata unggulan, Bali memang memiliki sejuta pesona yang tak pernah surut mendatangkan para wisatawan lokal hingga mancanegara. Sejak aktivitas Gunung Agung naik, hal tersebut bahkan tak menyurutkan para wisatan yang mengunjungi Bali.

Namun, beberapa minggu terakhir, Gunung Agung kembali erupsi dan mengeluarkan abu vulkanik yang tak hanya mencemari lingkungan, tapi juga berbahaya bagi tubuh.

Erupsi Gunung Agung menimbulkan sejumlah problematika salah satunya kesehatan. Intip cara berikut agar tetap bugar saat hujan abu vulkanik.

Seperti rilis yang diterima Tim Liputan6.com, Eden Life Centres merupakan pusat kebugaran holistik dan anti-ageing yang fokus pada wellness dan self-improvement. Pusat kebugaran yang berada di bilangan Seminyak Bali ini sangat peduli dan menaruh perhatian pada kesehatan masyarakat akan dampak buruk dari abu vulkanik.

Sarah Newland, perwakilan dari Eden Life Centres, menyebutkan bahwa abu vulkanik memiliki efek buruk bagi kesehatan dan lingkungan. Racun yang dibawa abu vulkanik memang tak kasatmata, tapi akan memberi efek buruk bagi tubuh dan lingkugan dalam kurun waktu kini dan nanti. 

Saksikan Video Menarik Berikut: 

Abu vulkanik berpotensi merusak organ tubuh manusia. Tak hanya itu, abu vulkanik juga akan menimbulkan masalah pernapasan, merangsang kanker, hingga mengganggu kestabilan hormon pada tubuh.

Dengan aktivitas Gunung Agung yang tak terkendali, tak ada salahnya jika Anda memproteksi diri dengan beragam cara sambil diiringi dengan asupan nutrisi yang mampu menjadi perisai bagi tubuh untuk menangkal residu-residu yang ditimbulkan abu vulkanik Gunung Agung tersebut.

Lalu, bagaimana cara untuk melakukan detoksifikasi, mencegah racun, dan meningkatkan imunitas tubuh saat menghadapi abu vulkanik? Eden Life Centres pun berbagi tip dan triknya.

1. Gunakan masker debu untuk menghindari terhirupnya abu dan partikel-partikel kecil yang mampu mengganggu pernapasan Anda.

2. Gunakan kacamata googles dan baju yang mampu menutupi sebagian besar permukaan kulit Anda.

3. Hindari berkendara atau berada di luar ruangan kala hujan abu berlangsung.

4. Coriander merupakan chelator alami. Perannya tersebut dapat membantu menggiring timbal dan racun ke luar dari tubuh.

5. Kacang Brasil dapat mengembalikan kembali antioksidan selenium.

6. Asam amino dari telur merupakan protein hewani terbaik yang dapat membantu proses detoksifikasi pada liver.

7. Arang aktif atau activated charcoal akan menyerap racun dan mengeluarkannya dari dalam tubuh Anda.

8. Menanam tanaman rumah seperti aloe vera dapat merilis oksigen serta membersihkan udara.

9. Gunakan masker filter saat berkendara, terutama pada tempat-tempat yang padat.

10. Konsumsi banyak air dan sayur segar setiap harinya. Hal ini ampuh untuk mengeliminasi racun yang telah berakumulasi.

Dengan cara di atas, kesehatan Anda pun akan senantiasa terjaga walau di tengah terpaan hujan abu vulkanik yang ditimbulkan oleh erupsi Gunung Agung.

 

 

Artikel Selanjutnya
Ada Erupsi Gunung Agung, Bali Masih Prioritas Pariwisata?
Artikel Selanjutnya
Erupsi Gunung Agung, Kurangi 1 Juta Kunjungan Wisman ke RI