Sukses

Uring-uringan Kala Menstruasi? Jangan Makan Makanan Ini

Liputan6.com, Jakarta Masa menstruasi bisa menyebabkan hormon yang tidak stabil, mood yang bisa berubah drastis, badan pegal-pegal dan keluhan lainnya. Karena itu, memakan makanan yang salah justru dapat memperparah keadaan tersebut.

Selama ini ada beberapa mitos tentang makanan yang boleh dan tidak boleh dimakan saat periode menstruasi berlangsung. Dilansir dari rewardme.in Kamis (7/12/2017), ada beberapa makanan yang sebenarnya boleh dimakan dan makanan yang sebaiknya dihindari selama menstruasi.

Makan yang Boleh dimakan selama Menstruasi 

Buah pisang dan nanas

Buah pisang mungkin adalah buah yang paling baik untuk Anda konsumsi selama menstruasi. Kandungan potasiumnya sangat baik untuk memperbaiki mood, serta dapat membantu memperlancar pencernaan. Sedangkan buah nanas akan membantu memperlancar aliran darah.

Cokelat

Dark cokelat dengan sedikit kandungan gula kaya akan antioksidan, serotin, dan magnesium. Memakan cokelat saat periode haid juga dapat membantu memperbaiki mood ketika uring-uringan. 

Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam mengandung zat besi, kalium, kalsium dan magnesium yang dapat membuat tubuh lebih segar dan kuat.

Ikan Salmon

Salmon kaya akan omega 3 yang sangat baik untuk mengatasi kejang otot dan pegal-pegal saat menstruasi. Untu Anda yang tidak suka ikan salmon ada alternatif lain, seperti kacang kenari, telur, dan kacang kedelai yang memiliki omega 3.

Teh chamomile

Kafein sebenarnya tidak dianjurkan untuk dikonsumsi saat menstruasi. Namun, segelas teh chamomile akan membantu mengatasi permasalahan perut kembung dan rasa enek.

 

1 dari 2 halaman

Makan yang sebaiknya tidak dikonsumsi selama mentruasi

 

Es krim

Semua makanan yang dingin sebaiknya dihindari saat menstruasi karena akan memperparah peradangan di area perut.

Makanan siap saji

Makan siap saji yang banyak mengandung penyedap rasa akan membuat perut sakit dan kepala migren.

Kafein

Kandungan dalam kafein akan semakin memperparah rasa sakit di area perut, saat menstruasi.

Alkohol

Asupan alkohol juga dapat menyebabkan kram pada perut semakin terasa sakit saat menstruasi. Aliran darah pun akan menjadi tidak lancar.

Artikel Selanjutnya
Usai Konsumsi Minuman Manis, Kenapa Masih Haus?
Artikel Selanjutnya
Mengapa Anda Tidak Bisa Berhenti Makan? Ini 8 Alasannya