Sukses

Pesona Borobudur Sukses Membius Media dan Blogger Korea 

Liputan6.com, Magelang Keindahan dan kemegahan destinasi wisata Candi Borobudur memang tak diragukan lagi. Tak hanya terdengar di penjuru Indonesia melainkan sampai ke ujung dunia. Situs yang kerap memuat artikel dan foto geografi, sejarah, dan budaya terkemuka di dunia, National Geographic, sampai ikutan menobatkan Borobudur di top 3 Iconic Adventure dunia. Bagi yang penasaran, buruan deh ke Borobudur. Dijamin Anda bakal happy.
 
Kalau tak percaya, tengok saja aktivitas famtrip media dan blogger Korea di Borobudur. Semuanya kompak terpana. Semuanya kompak dibuat takjub. Tak ada satupun rombongan yang terlihat boring saat berada di area candi Budha terbesar di dunia itu.  “
 
Wow, besar dan megah. Ini luar biasa indahnya,”kata Cho Sub, salah seorang peserta famtrip media dan blogger Korea dengan wajah terperangah.
 
Seluruh peserta famtrip yang dikoordinir Kemenpar dan Kedubes RI di Korea itu terlihat serius menyimak desain dan detil candi Budha terbesar di dunia yang rumit. Apalagi, ditambah dengan relief yang kaya cerita dan filosofi. Kemegahannya pun dinilai tak kalah dengan popularitas Machu Picchu di Peru dan Petra di Jordania.
 
Sebanyak 2.672 ukiran relief dan 600 patung dan stupa Buddha yang ada di sana dinilai sebagai keajaiban karya manusia. Tak bisa ditemui di belahan dunia manapun. “Ini momen luar biasa. Mengunjungi salah satu candi terbesar di dunia. Selama ini saya telah banyak mendengar serta membaca tentang kemegahan Candi Borobudur. Ternyata memang luar biasa,” lanjutnya.
 
Kekagumannya memang bukan tanpa alasan. Sebagai salah satu dari UNESCO Heritage Site, Candi Borobudur merupakan tempat wisata yang tidak biasa. Candi Budha terbesar di Dunia terlihat begitu anggun dan megah laksana bunga teratai. Tokoh-tokoh dunia pun sudah banyak yang datang ke sana. 
 
Presiden ke-44 Amerika Serikat, Barack Obama sudah pernah menginjakkan kaki ke Borobudur. Begitu juga pendiri Facebook, Mark Zuckerberg, aktor Richard Gere, pesepak bola David Beckham, Aktor hingga Charlie Chaplin. Semua pernah menapakkan kaki di candi yang megah tersebut.
 
“Indonesia sangat beruntung punya candi yang demikian hebatnya. Kalau sedang berlibur ke Yogyakarta dan sekitarnya, saya sangat anjurkan datang ke Borobudur,” ucapnya.
 
Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Pasifik Kemenpar Vinsensius Jemadu juga ikut mengamini. Baginya, Borobudur memang hebat. Levelnya sudah kelas dunia. “Sengaja kita ajak mereka ke sana untuk merasakan atmosfir magis dari candi Budha terbesar di dunia tersebut. Setelah meraka melihat dan merasakan langsung, mereka pasti akan langsung memviralkannya. Blogger ke jutaan followernya, sementara media ke pembaca setianya,” kata VJ –sapaan akrab Vinsensius Jemadu.
 
Respon Menpar Arief Yahya sangat positif. Blogger dan media-media top Korea diyakininya akan membuat Candi Borobudur lebih mendunia.
 
"Indirect impact dan media value blogger dan media Korea itu luar biasa. Apalagi Borobudur sudah diakui dunia merupakan sumber inspirasi. Warisan budaya dunia dengan logo UNESCO. Jadi terimakasih atas pujiannya terhadap Borobudur. Salam Wonderful Indonesia," kata Menpar Arief Yahya.
 
(*)