Sukses

Rasakan 10 Manfaat Oatmeal yang Cocok Disajikan Saat Sarapan

Liputan6.com, Jakarta Oatmeal sering disebut sebagai superfood karena memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan tubuh. Oatmeal juga merupakan makanan dengan sumber karbohidrat dan serat yang cukup tinggi. Maka, oat atau gandum sering dijadikan pengganti nasi khusus bagi mereka yang sedang menjalankan diet. Jika Anda berencana mengganti nasi, maka coba pertimbangkan oatmeal untuk sarapan. Intip manfaatnya berikut ini.

1. Menurunkan Kolesterol

Oatmeal adalah sumber makanan yang berkaya serat tinggi. Bahkan serat pada oat sama dengan apel, pir dan prunes. Serat larut dapat menghambat tubuh untuk menyerap kolesterol LDL atau kolesterol jahat. Di dalam satu setengah cangkir oatmeal mengandung lebih dari lima gram serat yang sudah cukup untuk mengurangi tingkat kolesterol.

2. Mengurangi Resiko Hipertensi

Kandungan serat pada oatmeal menawarkan manfaat bagi kesehatan jantung dan menurunkan resiko tekanan darah tinggi. Bahkan, sebuah studi menunjukkan bahwa pria mampu mengurangi resiko gagal jantung jika mereka mengkonsumsi semangkuk oatmeal setiap hari. 

3. Tinggi Antioksidan

Oatmeal mengandung tipe antioksidan yang bernama avenanthramide. Antioksidan ini mampu melawan radikal bebas yang menyerang HDL. Selain itu, senyawa ini juga mampu melindungi kolesterol jahat dari proses oksidasi sehingga mengurangi resiko penyakit kardiovaskular.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

 

4. Mencegah Pengerasan Arteri

Avenanthramider juga mampu mencegah pengerasan arteri. Antioksidan ini mampu menekan produksi molekul yang mampu mengeraskan dinding arteri. Manfaat oatmeal semakin maksimal untuk kesehatan kardiovaskular jika dipasangkan dengan vitamin C.

5. Mencegah Kanker Payudara

Sebuah studi menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi serat memiliki penurunan resiko terkena kanker payudara. Serat pada oat utuh akan menyerang karsinogen dan menurunkan kadar estrogen dalam tubuh, sehingga mampu melindungi tubuh dari kanker.

6. Mencegah Diabetes

Oatmeal yang kaya magnesium juga mampu mengatur insulin dan kadar glukosa. Sebuah penelitian menunjukkan perempuan yang makan sereal sejenis oatmeal selama delapan tahun dapat mengurangi resiko diabetes hingga 31%. Untuk dapatkan manfaat oatmeal lebih sempurna, maka tambah dengan susu rendah lemak.

7. Meningkatkan Imunitas

Serat pada oatmeal ada berbagai macam yang disebut beta gluten serat. Serat ini mampu melindungi diri dari penyakit jantung dan memberikan kekebalan pada tubuh. Maka, sel-sel kekebalan tubuh ini mampu memperbaiki tubuh dari infeksi bakteri.

8. Menurunkan Berat Badan

Sebagai sumber makanan yang kaya serat dan rendah kalori, oatmeal baik untuk sarapan orang yang sedang diet. Dengan sarapan oatmeal, maka Anda akan kenyang lebih lama. Anda bisa campur oatmeal dengan buah-buahan seperti pisang, berries, dll.

9. Mencegah Osteoporosis

Oatmeal yang terbuat dari gandum sangat baik untuk kesehatan tulang. Mengkonsumsi oatmeal setiap hari mampu mencukupi kebutuhan mineral pada tulang, sehingga mampu mencegah osteoporosis.

10. Mencegah Stress

Manfaat oatmeal yang jarang orang tahu adalah mengurangi stres. Makan makanan yang manis mampu menghilangkan stres, maka begitu juga dengan karbohidrat. Agar asupan karbohidrat tetap sehat, maka konsumsi oatmeal. Kandungan karbohidrat kompleksnya dapat memicu hormon serotonin ke otak sehingga tubuh terasa lebih rileks dan tenang.

Untuk memulai hidup sehat sangatlah mudah bukan? Anda bisa memilih oatmeal sebagai sarapan pagi agar lebih sehat. Anda juga bisa tetap makan makanan sehat saat hangout bersama teman, seperti ke cafe yang satu ini, Kimi Kimi Fruit Dessert. Cek promo cafe dengan menu sehat ini DISINI.

 

Artikel Selanjutnya
Ide Menu Sarapan Pagi yang Praktis dan Wajib Coba
Artikel Selanjutnya
6 Makanan Kecil yang Bantu Bikin Tubuh Langsing