Sukses

Sulit Mencari Pekerjaan? Manfaatkan Dunia Digital

Manfaatkan dunia digital bila Anda kesulitan mencari pekerjaan.

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang sering mengeluh sulit mencari pekerjaan karena banyak hal. Namun ada satu hal yang mungkin terlupa, yakni belum memanfaatkan dunia digital. Punya akun Facebook, Twitter, dan Instagram bukan? Jangan hanya dipakai untuk nge-twit, like, comment, atau share saja. Manfaatkan juga dunia digital untuk masa depan.

Aktivitas di dunia maya itu bisa berujung keberhasilan mendapatkan pekerjaan yang didambakan. Bagaimana caranya? Simak ulasannya dari DuitPintar.com di bawah ini.

1. Buat akun LinkedIn

Jangan hanya buat akun medsos untuk curhat atau malah share info hoax. Sudah tahu LinkedIn? Medsos yang satu ini adalah tempat berkumpulnya para profesional di bidang masing-masing. Akun perusahaan besar pun banyak di sini. Mereka rutin membagikan info lowongan terkini. Kalau selama ini Anda belum punya akun LinkedIn, wajar susah cari kerja. Di sini, kita bisa mengikuti akun-akun perusahaan besar, juga berkomunikasi langsung dengan tim HRD.

Tak hanya berbagi info, mereka kerap mencari pegawai lewat LinkedIn. Bila menemukan yang cocok, mereka akan mengirimkan pesan soal tawaran pekerjaan.

2. Serbu situs pencari kerja

Di Indonesia, sudah banyak situs pencari kerja. Bila kita mendaftarkan diri ke semua situs tersebut, kesempatan dapat kerja bakal lebih besar. Kadang sebuah perusahaan mengunggah lowongan kerja di satu-dua situs saja. Saat punya akun di semua situs pencari kerja, info tersebut akan masuk ke e-mail yang kita daftarkan. Tapi jangan lupa isi lengkap informasi di akun Anda. Selain itu, pastikan mengirim surat lamaran dengan format baik lewat situs tersebut. Bukan sekadar sebar CV tanpa etika menulis surat lamaran.

3. Gabung di dalam forum

Forum seperti Kaskus masih jadi pilihan perusahaan untuk mencari tenaga kerja. Kalau merasa susah cari pekerjaan, segera bergabunglah ke sana dan aktif ikuti thread di kategori lowongan kerja.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

4. Follow akun media sosial perusahaan incaran

Perusahaan besar banyak yang sudah punya akun medsos populer seperti Facebook dan Twitter. Follow atau like page mereka agar selalu update dengan semua informasi seputar perusahaan tersebut, terutama lowongan kerja. Dari page itu pun, kita bisa pelajari bagaimana budaya kerja perusahaan yang diincar. 

Bahkan kita bisa menjalin komunikasi dengan orang yang sudah bekerja di sana untuk mendapat segala info yang dibutuhkan, seperti apa saja benefit yang ditawarkan.

5. Bangun portofolio dalam bentuk blog atau website pribadi

Internet menyediakan sarana promosi diri yang luar biasa. Salah satunya lewat blog atau situs pribadi. Dijamin, dilema susah cari kerja langsung sirna. Alih-alih menulis resume pada selembar file Microsoft Word, kita bisa menggunakan blog atau situs pribadi untuk menjelaskan portofolio yang kita punyai. Cantumkan semua karya yang pernah kita buat di sana. Bila tak bisa membuat blog atau situs yang menarik, bisa pakai jasa web developer.

Yang penting, portofolio itu jelas menonjolkan kelebihan yang kita miliki. Kita yang tergolong angkatan kerja pada era ini termasuk beruntung. Tanpa harus keluar rumah, bisa tetap cari lowongan pekerjaan.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.