Sukses

5 Alasan Rumah Kecil Minimalis Membuat Hidup Anda Lebih Hemat

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini, makin banyak developer yang menawarkan rumah kecil tipe 21 atau tipe 36 kepada para calon pembeli. Biasanya, ini paling cocok untuk para pasangan muda yang memang memiliki anggaran beli rumah baru yang tidak terlalu besar.

Kalau kecil berarti sempit? Sempit atau tidak, itu semua tergantung dari penempatan perabotan rumah kita. Banyak tips dan trik menata perabotan agar rumah kecil jadi terlihat lebih lega. Jadi, luas terbatas harusnya tidak jadi kendala untuk membuat hunian mungil menjadi nyaman.

Lagi pula, selain harga rumahnya yang tidak terlalu mahal, rumah kecil juga bisa membuat penghuninya jadi lebih hemat . Tidak percaya? Mari simak ulasannya dari DuitPintar.com berikut ini.

1. Tak perlu jasa infal

Membersihkan rumah kecil tentu tidak akan lebih repot dibanding mengurus rumah luas. Pertama, rumah kecil biasanya tidak bertingkat, alias hanya satu lantai. Dan ruangannya pun tidak banyak.

Tak perlu asisten rumah tangga untuk urusan bersih-bersih. Cukup lakukan sendiri saja,  anggap saja sekalian olahraga.

2. Tak perlu hiasan besar yang harganya mahal

Kalau memikirkan hiasan apa yang cocok untuk rumah kecil, ya hiasan minimalis saja. Pokoknya yang terlihat tak berlebihan, dan ukurannya tentu tidak bisa besar-besar.

Apa jadinya kalau memilih hiasan dinding besar atau patung-patung berukuran besar di ruang tamu? Nanti rumah Anda akan makin terlihat sempit.

Hiasan rumah berukuran kecil juga harganya lebih murah ketimbang yang besar. Lebih hemat kan?

 

1 dari 2 halaman

3. Rumah kecil tak cocok pakai furniture raksasa

Seperti yang dijelaskan di poin sebelumnya, hiasan saja ukurannya tidak boleh ukuran raksasa, apalagi perabotannya.

Perabotan rumah seperti meja atau lemari tentu harus disesuaikan dengan luas ruangan juga. Sah-sah saja memilih perabotan berukuran besar, tapi jangan protes kalau rumah Anda akan terasa makin sempit.

Kalau beli meja atau lemari berukuran kecil tentu lebih murah ketimbang yang besar? Selain membuat rumah Anda makin lega, bujet belanja perabotan juga pasti lebih hemat.

4. Tagihan listrik dan biaya pajak tidak akan menguras kantong

Rumah kecil tentu butuh penerangan yang lebih sedikit ketimbang rumah besar. Dengan lampu-lampu yang watt-nya kecil, rumah Anda juga sudah bisa terang benderang. Sudah pasti hal ini bisa membuat Anda hemat dalam bayar tagihan listrik. Selain itu, beban pajak bumi dan bangunan (PBB) untuk rumah kecil tentu akan lebih ringan dibanding rumah besar.

Tapi, khusus untuk tagihan listrik, semua akan kembali lagi kepada yang punya rumah. Kalau setiap hari listrik menyala 24 jam ya sama saja bohong.

5. Menyelamatkan Anda dari sifat konsumtif

Dengan memiliki rumah kecil, maka Anda tidak akan punya banyak tempat untuk menyimpan koleksi sepatu, baju-baju, atau yang lain. Jadi, hal ini pun secara tidak langsung akan membantu Anda menahan hasrat belanja.

 

Artikel Selanjutnya
6 Cara Jaga Ruangan Rumah Tetap Bersih dan Sehat
Artikel Selanjutnya
12 Trik Mudah Bersihkan Kamar dengan Cepat