Sukses

Rambut Tetap Sehat Saat Musim Hujan dengan Cara Ini

Jaga kesehatan rambut saat musim hujan dengan cara berikut.

Liputan6.com, Jakarta Memasuki musim hujan, cuaca dingin dan angin kencang menjadi faktor nomor satu yang membuat penampilan terganggu, terutama rambut. Apalagi, karena cuaca yang membuat rambut menjadi kering, Anda pun akan sering menggunakan alat pengering rambut yang mengakibatkan kulit kepala dehidrasi. Untuk menanggulanginya, berikut enam tips yang bisa Anda terapkan untuk menjaga rambut tetap sehat dan indah pada musim hujan, yang telah dirangkum dari laman hellomagazine.com.

Hindari Mencuci Rambut Setiap Hari

Hindari mencuci rambut setiap hari, selain dapat merusak rambut, cuaca yang dingin sangat rentan membuat rambut Anda lebih kering. Untuk itu, cucilah rambut dua atau tiga kali seminggu.

Gunakan Sampo Bebas Sulfat

Sulfat sangat berpotensi mengurangi minyak alami pada rambut. Untuk itu, pilihlah sampo yang tidak mengandung sulfat di dalamnya.

Saksikan Video Menarik Berikut: 

Gunakan Kondisioner Setelah Keramas

Gunakan kondisioner setelah keramas untuk menjaga kelembapan rambut dan kulit kepala. Pilihlah kondisioner yang mengandung asam lemak dan humektan, seperti protein kedelai dan panthenol.

Hindari Mandi Air Panas

Jika Anda tidak kuat dengan air dingin, mandilah dengan air suam-suam kuku dan tak lebih dari 10 menit untuk menghindari kerusakan pada kulit kepala dan rambut karena air panas.

Hindari Mengikat Rambut

Mengikat rambut akan memberikan tekanan yang menghalangi kulit kepala untuk bernapas. Namun, jika menguncir rambut tidak bisa Anda hindari, cobalah mengganti posisi rambut saat diikat beberapa kali untuk menghindari banyak tekanan di satu area.

Perhatikan Diet

Mengonsumsi makanan yang kaya akan minyak alami, mineral, dan vitamin bukan hanya akan membantu tubuh Anda mendapatkan semua yang dibutuhkan, tapi juga membuat rambut Anda tetap sehat. Pastikan diet Anda mengandung banyak vitamin C, A, E, serta zat besi dan selenium.

Rizqi Rosmalawati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.