Sukses

Ingin Sembuh dari Autoimun? Makan Alpukat Salah Satu Obatnya

Liputan6.com, Jakarta Pernah menyangka bahwa Anda mengidap penyakit yang cukup serius? Sampai saat tubuh menjadi sangat lemah dan tidak bisa bangun untuk bergerak barulah kita sadar diri untuk memeriksakan kesehatan ke dokter. Ada beberapa penyakit yang baru ketahuan jika sudah memeriksakan diri ke dokter, penyakit autoimun salah satunya. Penyakit autoimun terjadi ketika sistem imun dalam tubuh salah mengidentifikasikan sel sehat sebagai musuh sehingga sistem kekebalan tubuh justru menyerang sel sehat yang sebetulnya dibutuhkan oleh tubuh. Kekhawatiran terhadap penyakit autoimun ini bisa diminimalisir dengan mengkonsumsi makanan yang tepat. Dilansir dari laman mindbodygreen ada beberapa bahan makanan yang membantu untuk sembuh dari penyakit autoimun. Dari alpukat hingga kelapa bisa Anda coba.

Kelapa

Kepala dalam sajian apapun bisa digunakan sebagai bahan masakan bagi penderita autoimun tentunya tetap menghindari gula untuk penyajiannya. Kelapa mengandung banyak vitamin dan mineral, anti oksidan dan serat yang berguna sebagai antivirus dan anti bakteri.

Minyak kelapa juga membantu untuk menjaga keutuhan sel tubuh bagi penderita autoimun.

Alpukat

Ilustrasi Buah Alpukat (iStockphoto)

Alpukat merupakan makanan paling sehat yang bisa dimakan. Ada banyak nilai gizi yang terkandung dalam alpukat. Vitamin K, C, E dan B6 yang terkandung dalam alpukat dibutuhkan tubuh setiap hari.

Meskipun kaya akan lemak, alpukat tetap rendah karbohidrat dan kolestol karena mengandung serat dan potassium yang dibutuhkan tubuh.

 

1 dari 3 halaman

Telur

Ada beberapa orang yang menghindari telur karena takut berlebihan berat badan kalau mengkonsumsinya. Padahal secara keseluruhan telur adalah makanan sehat. Kebutuhan zat besi, vitamin A, D, E dan K yang terdapat dalam telur dibutuhkan tubuh untuk memenuhi kebutuhan seng harian.

Selain itu mengonsumsi seluruh butir telur baik putih dan kuning telurnya berguna untuk menjaga kesehatan mata, otak, organ hati dan kulit serta mencegah dari penyakit kardiovaskular.

Ilustrasi Telur (iStock)

Asparagus

Asparagus merupakan tumbuhan yang kaya akan vitamin A, vitamin C, serat dan folat. Banyaknya kandungan glutathione dalam asparagus sangat berguna untuk mengatasi penyakit autoimun. Glutathione merupakan senyawa yang berguna untuk melawan kangker dan pembengkakan. Mengonsumsi asparagus juga membantu untuk mendorong pertumbuhan mikroorganisme yang baik untuk usus dan membantu menghalau radikal bebas.

2 dari 3 halaman

Sayuran Umbi Akar

Ada banyak sayuran yang termasuk umbi akar seperti wortel dan lobak yang ternyata sangat membantu para penderita autoimun untuk tetap sehat. Nutrisi yang terdapat dalam sayur-sayuran umbi akar ini berguna untuk mengatasi berbagai penyakit autoimun.

Sayuran akar ini bisa dijadikan makanan pokok untuk mengatasi berbagai penyakit inflamasi termasuk penyakit serius lainnya seperti kanker, penyakit jantung dan diabetes.

Makanan bisa menjadi salah satu upaya untuk membuat tubuh tetap sehat. Termasuk beberapa bahan makanan di atas, dari alpukat hingga asparagus. Selain dengan pengobatan yang dianjurkan dokter, mengonsumsi bakan makanan di atas semoga bisa membantu untuk menyembuhkan penyakit autoimun.

Melia Citra

Artikel Selanjutnya
Resep Panjang Umur Orang-Orang Berusia 100 Tahun Lebih
Artikel Selanjutnya
Sembuhkan Penyakit Paru-Paru dengan Daun Cocor Bebek