Sukses

11 Manfaat Lain Air Soda Selain Penghilang Dahaga

Liputan6.com, Jakarta Air soda dikenal dengan kesegarannya yang mampu segera menghilangkan dahaga yang Anda rasakan. Namun, di balik kesegaran dan fungsinya sebagai penghapus dahaga, ternyata air soda juga memiliki banyak manfaat lain yang tidak terduga.

Dilansir dari laman sodasherpa.com, Jumat (1/12/2017), berikut 11 manfaat air soda untuk mempermudah hidup Anda.

1. Air soda sebagai pembersih kaca mobil

Air soda sangat ampuh untuk membersihkan beragam noda dan kotoran pada kaca mobil Anda karena kandungan karbonasinya. Cukup semprotkan air soda pada kaca mobil lalu basuh dengan lap bersih, kaca mobil Anda akan terlihat bening tanpa noda.

2. Air soda sebagai suntikan mineral untuk tanaman

Tenyata tidak hanya manusia yang suka akan kesegaran minuman berkarbonasi, namun juga tanaman. Kandungan mineral pada air soda dapat membantu tanaman hijau tumbuh lebih subur. Anda dapat menuangkan air soda pada tanaman sekali dalam seminggu.

3. Air soda sebagai pembersih noda pada kain

Air soda adalah pembersih yang ampuh bagi noda pada kain. Jika pakaian terkena noda, Anda dapat segera menuangkan air soda untuk menghilangkan noda tersebut. Jika jenis kain yang bernoda cukup sulit, tambahkan dengan kucekan dan bilas dengan air.

4. Air soda sebagai pembersih wajan anti lengket

Wajan anti lengket yang terlambat dibersihkan setelah dipakai memasak akan meninggalkan kerak dan noda yang sulit untuk dibersihkan. Menggosok wajan dengan keras hanya akan merusak lapisan anti lengketnya. Untuk mengatasinya, Anda dapat menuangkan air soda pada wajan yang kotor dan mendiamkannya beberapa saat sampai kerak terangkat. Kemudian Anda dapat menggosok perlahan hingga semua kerak dan noda tidak lagi menempel pada wajan, kemudian bilas dengan air yang mengalir.

 

1 dari 3 halaman

Manfaat lain air soda

5. Air soda sebagai pembersih batu berharga

Berlian, rubi, safir, dan zamrud dapat dibersihkan dengan menggunakan air soda. Untuk tampilan yang berkilau, rendam batu berharga Anda di dalam air soda selama semalam.

6. Air soda untuk mengembalikan warna rambut alami

Jika Anda memiliki rambut hitam yang kurang berkilau, Anda dapat keramas dengan air soda untuk mengembalikan kilau alami rambut hitam Anda.

7. Air soda untuk meredakan perut kembung atau mual

Ketika Anda terlalu banyak makan, atau memakan sesuatu yang tidak seharusnya dimakan, atau ketika Anda sedang flu, perut terasa kembung dan mual. Air soda dapat membantu meredakan rasa tidak enak dalam perut Anda.

8. Air soda sebagai pembersih perabot logam

Air soda dapat digunakan sebagai pembersih perabot logam di rumah Anda, seperti bagian atas kompor, sink, keran air, dan sebagainya. Untuk pembersihan yang lebih efektif, campurkan sedikit garam pada air soda, dan bilas dengan air bersih setelahnya.

 

2 dari 3 halaman

Manfaat lain air soda

9. Air soda sebagai pembersih karat

Air soda dapat menghilangkan karat pada peralatan logam yang berkarat, seperti mur-baut, kunci inggris, obeng, gembok, anak kunci, atau sejenisnya. Rendam alat yang berkarat dalam air soda hingga karat terlepas, atau Anda dapat menyikatnya untuk mempercepat proses.

10. Air soda sebagai pembersih noda urin

Anda yang memiliki bayi atau binatang peliharaan tentu sering merasa frustasi dengan noda urin yang tertinggal pada karpet, sofa, atau kasur. Air soda dapat menjadi solusi masalah ini. Seperti halnya membersihkan noda pada kain, air soda juga dapat membersihkan noda urin pada perabot.

11. Air soda untuk adonan kue

Anda dapat mencampurkan air soda pada adonan kue untuk mendapatkan hasil yang lebih mengembang dan lembut.

Donna Ayu Savanti

Artikel Selanjutnya
7 Manfaat Hebat Dari Rajin Minum Air Hangat Pagi Hari
Artikel Selanjutnya
5 Minuman Sehat yang Tak Kalah Segar dari Soda