Sukses

8 Cara Seekor Anjing Ubah Hidup Anda

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak hal dalam hidup yang membawa begitu banyak kebahagiaan seperti memiliki seekor anjing. Telah menjadi sahabat manusia selama lebih dari 33.000 tahun, anjing selalu berada bersama manusia dalam keadaan susah maupun senang. Mereka mampu memberikan rasa nyaman hingga menjadi sahabat, bahkan mampu berperan dalam keadaan darurat.

Namun memiliki seekor anjing butuh banyak perhatian dan tanggung jawab dengan memberinya makan dan menjaga kesehatannya. Tenang saja, perhatian dan tanggung jawab yang Anda berikan akan dibalas oleh cinta tanpa pamrih, pengabdian, dan hubungan yang seakan tak terpisahkan dari seekor anjing ini. Dikutip dari Livestrong pada Sabtu  (2/12/2017), begitu dekatnya persahabatan Anda dengan anjing peliharaan akan memiliki dampak cukup besar bagi hidup, bahkan mampu mengubah kehidupan. Berikut 8 cara seekor Anjing yang akan membuat hidup jadi lebih baik

1. Bentuk tubuh yang lebih baik

Seekor anjing membutuhkan banyak olahraga untuk menggerakkan otot mereka. Setidaknya 30 menit hingga 2 jam perhari tergantung dari ukuran anjing Anda. Berolahraga tidak hanya baik untuk anjing, namun juga bagi Anda pemiliknya. Jangan pernah remehkan dampak kesehatan bagi tubuh Anda dengan berjalan selama 30 menit. Menurut Departemen Kesehatan dan Pelayanan Masyarakat Amerika mengatakan bahwa berjalan selama 30 menit dapat membantu mengurangi resiko tekanan darah tinggi, kanker, diabetes tipe 2, dan depresi.

2. Bertemu teman baru

Memiliki anjing dapat membawa Anda ke dalam lingkaran hidup yang baru. Ketika Anda mengajak anjing berjalan di sekitar komplek ata ke taman, Anda akan bertemu pemilik anjing lainnya. Dengan memiliki kesamaan sebagai pemilik anjing, akan mengantar pada perbincangan sesama pemilik anjing. Mulai dari diskusi tentang anjing hingga topik yang lebih spesifik.

Saksikan Video Menarik Berikut Ini: 

1 dari 3 halaman

Cara Seekor Anjing Ubah Hidup Anda

3. Mengajarkan Anda tanggung jawab dan empati

Menyayangi dan perhatian kepada peliharaan akan membuat Anda lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Hal ini pun juga memicu empati Anda. Bagaimana bisa? Menurut artikel dari Washington Post, anjing yang tidak bicara akan memaksa pemiliknya untuk memahami bahasa nonverbal peliharaannya untuk memahami kebutuhan mereka dan berkomunikasi dengan mereka. Ini sangat berguna memumpuk rasa empati khususnya bagi anak-anak. Memberikan makanan pada peliharaan menjadi cara terbaik untuk mengajarkan tanggung jawab pada anak-anak.

4. Meringankan depresi dan kegelisahan

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa memiliki anjing akan memengaruhi secara positif terhadap endokrin dan meningkatkan produksi hormon rasa baik yang mampu mengurangi stres.

5. Membuat Anda bahagia

Sebuah artikel dari peneliti di Amerika menemukan bahwa interaksi antara manusia dengan anjing dapat memperoleh respon psikologi yang sama pada hubungan interaksi antarmanusia. Respon yang dimaksud adalah perasaan bahagia yang Anda rasakan ketika mendapat pelukan erat dari seseorang.

2 dari 3 halaman

Cara Seekor Anjing Ubah Hidup Anda

6. Mengurangi resiko penyakit jantung

Keuntungan lainnya bagi kesehatan jika Anda memiliki anjing adalah mengurangi resiko penyakit jantung. Hal ini karena anjing dapat membantu Anda mengurangi stres dan memaksa Anda untuk berolahraga. Tak hanya itu, sebuah studi membuktikan bahwa memiliki anjing akan menurunkan kadar kolesterol.

7. Memperkuat imun

Peneliti dari Universitas Arizona mengatakan bahwa dicium anjing kesayangan akan memberikan sedikit memperkuat sistem imun. Bagi Anda usia 50 tahun ke atas, memelihara anjing juga dapat mendorong pertumbuhan mikroorganisme yang positif dalam tubuh seperti probiotik.

8. Mengurangi perkembangan alergi pada bayi

Menurut penelitian yang dipublikasikan Pediatrics, memelihara anjing mampu mengurangi resiko berkembangnya alergi. Meski peneliti tidak menyarankan untuk memelihara anjing hanya demi mengurangi resiko alergi. Karena banyak kasus berbahaya yang bisa mungkin terjadi pada anjing.

Artikel Selanjutnya
Ingin Hewan Kesayangan Lebih Menurut, Ini Tipsnya
Artikel Selanjutnya
10 Cara Bangkitkan Gairah Pasangan Saat Berhubungan Seks