Sukses

4 Cara Merawat Kulit Wajah Sesuai Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta Agar hasilnya optimal, perawatan harus disesuaikan dengan jenis kulit wajah masing-masing orang. Jika saat remaja, Anda mendapati kulit berminyak, saat ini mungkin telah menjadi kering, benar?

Dilansir dari sheknows.com, Senin (4/12/2017), seiring bertambahnya usia dan faktor lingkungan, masalah kulit juga akan berbeda, sehingga perawatannya juga harus disesuaikan. Simak di sini panduan lengkapnya merawat kulit wajah sesuai dengan jenis kulit itu sendiri.

1. Kulit berminyak

Apakah Anda melihat pori-pori wajah yang besar ketika berkaca? Atau Anda seringkali melihat wajah berkilauan, apapun cuacanya?

Dua hal di atas biasanya karena kelenjar sebasea yang terlalu aktif dan menyebabkan kulit berminyak. Jadi, apa yang harus dilakukan?

Pertama, pilihlah pembersih yang baik untuk menghilangkan minyak dan kotoran di pori-pori. Sabun muka yang mengandung madu dapat mengurangi minyak dan bakteri tanpa menghilangkan kelembapan kulit wajah Anda. Kedua, ada kesalahpahaman paling umum adalah bahwa kulit wajah berminyak tidak membutuhkan pelembap.

Pastikan untuk memilih pelembap yang ringan dan tidak akan menyumbat pori-pori Anda. Ingat, Anda harus menjaga jarak dengan minyak mineral.

2. Kulit kombinasi atau normal

Kombinasi merupakan jenis kulit wajah yang paling umum ditemukan. Tantangannya berada pada bagian t-zone (hidung, dahi, dan dagu) yang akan selalu berminyak, saat daerah lainnya, seperti pipi terasa kering, benar?

Bagian yang berminyak biasanya memiliki banyak komedo, sedangkan sisa kulit lainnya benar-benar bersih. Jadi, apa yang harus dilakukan?

Pertama, pembersih muka dengan busa adalah solusi terbaik, mengapa? Karena pembersih muka ini sangat efektif untuk merawat daerah berminyak dan tidak akan membiarkan bagian wajah lainnya terasa terlalu kering.

Kedua, ingatlah bahwa tidak masalah untuk mengaplikasikan dua jenis pelembap yang berbeda di setiap bagian wajah Anda. Di siang hari, pilihlah pelembap dengan kandungan tabir surya, sedangkan untuk malam hari, sebaiknya pilihlah yang mengandung jojoba atau minyak bunga matahari untuk daerah kulit wajah yang kering.

 

1 dari 2 halaman

Jenis kulit wajah dan masing-masing cara merawatnya

3. Kulit kering

Jika kulit wajah Anda terbiasa terasa begitu ketat setelah dibersihkan dan rentan terhadap garis-garis halus, kemungkinan besar itu adalah jenis kulit kering. Jadi, apa yang harus dilakukan?

Pertama, pembersih berbentuk krim adalah pilihan terbaik untuk kulit kering, karena tidak akan menghilangkan minyak alami dan tidak akan membuat kulit wajah terasa sangat kencang. Atau gunakan pembersih yogurt yang lembut untuk eksfoliasi.

Kedua, serum merupakan bantuan terbaik untuk melawan gairs-garis halus yang sering terlihat pada kulit wajah kering. Di malam hari, usahakan untuk menggunakan minyak wajah yang mengandung rose hip, membantu menenangkan dan menghidrasi kulit wajah.

4. Kulit sensitif

Kulit sensitif biasanya disertai dengan kemerahan dan iritasi pada bagian tertentu. Jika Anda memiliki kulit sensitif, penting untuk memperhatikan setiap produk yang digunakan.

Artikel Selanjutnya
Atasi Kulit Berminyak dengan 6 Langkah Praktis
Artikel Selanjutnya
Ramuan Masker Alami Pemutih Wajah