Sukses

Bondan Winarno Rekomendasikan 5 Kuliner Indonesia Ini

Liputan6.com, Jakarta Bondan Winarno meninggal pada Rabu (29/11/2017). Banyak pihak yang terkejut akan berita ini. Semasa hidupnya, Bondan dikenal sebagai tukang icip makanan dari seluruh penjuru daerah, salah satunya Indonesia. Ia pernah dibuatkan program acara televisi yang bertemakan makanan.

Bondan Winarno pergi ke suatu daerah di Indonesia dan mencicipi masakan khas dari daerah tersebut. Biasanya, Bondan ditemani partner host untuk berwisata kuliner di daerah tersebut. Penasaran makanan apa saja yang pernah dicicipi Bondan 'Maknyus'?

1. Nasek Krawu Buk Tiban

Nasi Krawu merupakan salah satu makanan khas Gresik. Nasi Krawu Bu Tiban merupakan nasi krawu yang pertama di Gresik sehingga Bondan Winarno tertarik mengunjungi tempat legendaris ini pada 22 September lalu. Nasi Krawu Bu Tiban ini kini sudah dilanjutkan oleh generasi ketiga dari Bu Tiban.

Nasi krawu sendiri merupakan variasi dari nasi campur. Nasi ini terdiri dari suwiran daging sapi yang ditambah dengan serundeng kelapa. Tak lupa jerohan sapi seperti babat dan usus. Biasanya ditambahkan sedikit kuah agar terasa lebih nikmat. Kuahnya sendiri berasal dari kaldu usus. Ini salah satu kuliner yang direkomendasikan Bondan Winarno.

 Nasek Krawu Buk Tiban (instagram/@maknyusbw)

Saksikan video berikut ini:

1 dari 5 halaman

2. Lamang Tapai dan Kawa Daun

2. Lamang Tapai dan Kawa Daun

Kuliner asal Biaro ini pernah dicicipi Bondan Winarno pada 12 September lalu. Lamang tapai sendiri merupakan jajanan tradisional khas minang yang terbuat dari beras ketan. Lamang tapai dimasak dengan menggunakan media bambu yang dimasukkan beras ketan.

Sementara Kawa daun merupakan minuman yang terbuat dari daun kopi yang diseduh layaknya teh. Tak sembarang daun kopi bisa diseduh melainkan berasal dari daun kopi pilihan yang disangrai selama 12 jam kemudian diseduh layaknya teh. Cocok disantap ketika berada di daerah berudara dingin.

Lamang Tapai dan Kawa Daun (instagram/@maknyusbw)

2 dari 5 halaman

3. Laklak

3. Laklak

Laklak merupakan salah satu kudapan khas Bali. Ia memiliki tekstur lentur seperti kue lumpur. Kue laklak ini berbahan dasar tepung beras dengan warna hijau dari daun suji dan daun pandan. Biasanya disajikan dengan kelapa parut kasar dan saus gula merah. Bentuknya mirip dengan surapi namun berwarna hijau.Bondan 'Maknyus' mencicipi kue laklak ini di Warung Laklak Dah Lolet pada 29 Agustus lalu.

Laklak (instagram/@maknyusbw)

3 dari 5 halaman

4. Choi Pan

4. Choi Pan

Choi Pan merupakan salah satu makanan khas dari Pontianak. Makanan ini mengombinasikan rasa asin, manis, dan pedas dalam 1 kudapan. Makanan ini terbuat dari kucai dan bengkuang yang kemudian dibungkus dengan kulit berbahan tepung beras dan sagu. Bentuknya mirip dengan pastel namun berwarna putih.

choi pan (instagram/@maknyusbw)

4 dari 5 halaman

5. Ayam Menyatnyat

5. Ayam Menyatnyat

Selain ayam betutu, Bali juga punya olahan daging ayam lainnya, yakni Ayam Menyatnyat. Uniknya kuliner ini membuat Bondan 'MakNyus' tertarik mencicipinya pada 5 April lalu. Ayam menyatnyat sendiri merupakan daging ayam yang diolah dengan bumbu seperti salam, sereh, dan lengkuas. Menyatnyat sendiri merupakan salah teknik mengolah makanan khas Bali. Caranya, bahan makanan dimasak bersama sedikit air dan bumbu-bumbu hingga airnya menyusut atau asat. Nyat-nyat sendiri merupakan bahasa Bali yang berarti surut.

ayam menyatnyat (instagram/@maknyusbw)

 

 

Artikel Selanjutnya
Kuliner Khas di Makassar Culinary Night Siap Menggoyang Lidah
Artikel Selanjutnya
Purworejo Ingin Populerkan Gowes Pesona Nusantara