Sukses

Kuah Garang Asem Makin Segar Pakai Cara Bondan Winarno

Liputan6.com, Jakarta Bondan Winarno pernah membeberkan rahasia membuat kuah garang asem menjadi lebih nikmat dan segar. Rahasia yang kemudian ditulisnya dalam buku berjudul 100 Resep Mak Nyus Jakarta ini sangat sederhana dan bisa dibuat oleh siapa pun.

Dalam pandangan Bondan Winarno, garang asem sendiri punya dua versi berbeda, yaitu versi Kudus yang tanpa santan dan versi Solo yang menggunakan santan. Meski berbeda, satu hal yang membuatnya sama adalah dimasak dengan cara dibungkus daun pisang. Nama “Garang” sendiri menurutnya berasal dari cara mengolahnya yang dikukus atau digarang.

Dalam buku tersebut Bondan Winarno menjelaskan, cita rasa kuah garang asem sendiri berasal dari bahan belimbing sayur yang jadi bahan pelengkapnya. Kesegaran kuah juga dipengaruhi dari kaldu asli rebusan ayam.

 

1 dari 3 halaman

Kunci Kesegaran Kuah Garang Asem

Namun satu hal yang ditekankan Bondan Winarno untuk menghasilkan kuah garang asem yang segar, yaitu pilihan ayam yang tepat. Menurut Bondan, ayam kampung menjadi bahan baku yang tepat untuk menghasilkan kuah yang segar. Selain mempengaruhi kuah kaldu garang asem, penggunaan ayam kampung juga tepat karena daging ayam kampung tidak mudah hancur saat proses pengukusan yang lama.

 

2 dari 3 halaman

Resep Garang Asem

Untuk membuat satu hidangan garang asem diperlukan satu ekor ayam yang dipotong menjadi 16 bagian sebagai bahan utamanya. Sementara itu bahan-bahan lainnya adalah bawang merah dan putih, cabai rawit hijau, daun salam, lengkuas, serai, belimbing sayur, tomat hijau, dan jahe. Semua bahan tersebut diiris tipis, kecuali cabai rawit hijau.

Cara membuat Garang Asem sangat sederhana, awalnya tumis bumbu yang telah diiris hingga halus. Setelah itu masukkan ayam, garam, gula, daun salam, lengkuas, jahe, dan serai. Masak hingga ayam menjadi sedikit empuk. Sediakan daun pisang yang tebal, jika dirasa perlu tambahkan daun pisang secara berlapis agar tidak bocor. Setelah itu masukkan ayam bersama kuahnya, lalu tambahkan irisan belimbing sayur, tomat ijo, dan cabai rawit. Kukus selama sekitar 15 menit saja sampai daging ayam menjadi empuk.

Artikel Selanjutnya
15 Makanan Khas Cirebon Ini Bertahan dari Gempuran Junk Food
Artikel Selanjutnya
Menggoyang Lidah, Nikmatnya Soto Klethuk Khas Blora Patut Dicoba