Sukses

Tubuh Fit dengan Yoga, Cek Dulu Jenis yang Cocok

Berencana mengambil kelas yoga? Cek dulu jenis yoga yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Liputan6.com, Jakarta Yoga kini menjadi olahraga favorit banyak orang, terutama para wanita. Gerakan dari yoga mampu membuat tubuh lebih langsing, ramping, dan sehat. Dalam waktu relatif singkat, olahraga ini langsung menjadi primadona. 

Yoga memiliki banyak jenis dengan tujuan yang berbeda. Setiap jenis yoga memiliki gerakan dan makna tersendiri. Apa saja jenis senam yoga? Yuk, cek dan pilih sesuai kebutuhan.

1. Hatha Yoga

Hatha Yoga berfokuskan pada menyelaraskan latihan fisik dengan pernafasan. Jenis yoga ini sangat cocok untuk Anda yang baru saja mulai mencoba yoga. Dengan Hatha Yoga, Anda mampu mengenali postur dasar yoga. Hatha yoga memiliki tempo yang lebih tenang.

2. Vinyasa Yoga

Jenis yoga ini membutuhkan koordinasi antara fisik, nafas dan postur tubuh. Vinyasa yoga memiliki tempo yang lebih cepat dari Hatha Yoga dengan gaya bebasnya alias tak terpaku dengan teori. Vinyasa yoga sangat cocok untuk Anda yang dinamis dan spontan karena ada banyak postur berbeda di setiap sesinya.

3. Ashtanga Yoga

Ashtanga Yoga adalah jenis yoga yang dinamis, intens dan sangat atletik. Ada dua metode untuk yoga ini yaitu Led Class (panduan instruktur) dan Mysore (Anda berlatih mengikuti rangkaian postur). Berlatih jenis yoga ini harus memiliki dedikasi yang tinggi dengan fisik dan mental yang bagus.

4. Iyengar Yoga

Jenis yoga yang satu ini akan berfokus pada presisi postur dengan memperhatikan anatomi tubuh dengan detail. Pada yoga ini biasanya membutuhkan alat bantu seperti blok dan wallrope. Metode ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan tubuh, stabilitas, fleksibilitas tubuh.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jenis-jenis yoga

5. Hot Yoga

Hot yoga biasanya dilakukan di dalam ruanan panas sekitar 42 derajat celcius. Hot yoga ini sering disebut dengan bikram yoga. Jenis senam yoga yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin menikmati sensasi keringat bercucuran saat olahraga. Yoga ini juga sangat bermanfaat untuk detoks dan membuat tubuh lebih lentur.

6. Kundalini Yoga

Jenis yoga yang satu ini mengkombinasikan antara fisik dan spiritual. Selain itu, Anda juga bisa memperbaiki postur tubuh dengan teknik pernafasan yang dinamis, meditasi dan mantra yang ditujukan meningkatkan vitalitas pada tubuh. Jenis yoga ini cocok untuk Anda yang menyukai meditasi dan mengeksplorasi spiritual.

7. Prenatal Yoga

Kalau jenis yoga ini khusus untuk ibu hamil. Prenatal yoga akan fokus untuk melatih pernafasan, latihan di area pinggul, pose restorasi yang mampu mengembalikan energi disaat lelah akibat hormonal dalam tubuh. Dengan melakukan yoga hamil, maka Anda akan kuat selama kehamilan. Di beberapa kelas, prenatal yoga juga bisa dilakukan untuk pasangan sehingga mampu mendekatkan dan mendukung dalam proses kelahiran kelak.

8. Yin Yoga

Jenis senam yoga ini akan berfokus pada latihan pasif dimana hanya fokus pada satu pose dengan durasi 3-5 menit. Postur ini dilakukan saat posisi duduk, gentle twist atau berbaring. Metode yoga ini sangat bermanfaat untuk melatih sisi meditatif dan bagus untuk kesehatan. Tulang sendi juga akan terlatih dengan stretching yang dilakukan.

Beberapa jenis senam yoga ini bisa memberikan pengalaman serumu untuk berolahraga. Dengan melakukan yoga, maka fisik dan jiwa Anda akan semakin sehat dan bahagia. Anda bisa mencoba kelas yoga dengan harga diskon hingga 93 persen di Lakupon. Ada beberapa pilihan kelas yoga di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.