Sukses

Penata Rias Kahiyang Ayu Asli Cilacap Spesialis Pengantin Batak

Liputan6.com, Jakarta Kahiyang Ayu mempercayakan Barry Irawan sebagai penata riasnya saat pesta adat dan resepsi pernikahan di Medan, Sumatera Utara. Selama tiga hari nonstop, Kahiyang dirias oleh tangan terampil Barry. Hasilnya pun memuaskan. Kahiyang tampil cantik maksimal.

Selain sebagai penata rias atau makeup artist (MUA) yang dikenal sebagai langganan Annisa Pohan, Barry Irawan juga ternayata spesialis menangani pengantin Batak. Padahal, Barry sendiri mengaku asli Cilacap, Jawa Tengah. Bagaimana ceritanya?

"Aku orang Jawa, Cilacap. Historisnya berawal dari mendandani seorang dokter bernama Paulina Napitupulu. Dia pun memberikan review di sebuah forum dan dari situ saya mulai banyak mendandani pengantin Batak," ujar Barry saat dihubungi Liputan6.com belum lama ini.

Selain lewat review, Barry juga mengaku salut dengan kekompakan orang-orang Batak soal rekomendasi dari orang yang terpecaya. Bahkan, muncul beberapa akun instagram khusus membahas berbagai vendor pernikahan orang Batak.

"Misalnya ada akun Instagram @Pab_2017 atau pernikahan adat Batak 2017. Sebelumnya ada @pab_2016 untuk tren di tahun itu. Dan masih banyak lagi akun Instagram tentang vendor-vendor pernikahan Batak," lanjut Barry. 

 

1 dari 2 halaman

Rekomendasi Orang Batak

Barry sendiri merasakan langsung dari orang Batak, Annisa Pohan, yang merekomendasikan dirinya pada Kahiyang. Sehingga ia mendapat kesempatan untuk merias Kahiyang Ayu saat menjadi pengantin.

Awalnya, sang mertua Kahiyang Ayu melihat riasan Annisa Pohan saat upacara peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus 2017 di Istana Negara. Ibu Ade Hanifah pun langsung bertanya pada Annisa Pohan siapa makeup artist yang mendandaninya.

Dengan sigap, Ibu Ade Hanifah langsung menghubungi Barry Irawan pada malam harinya. Berjodoh karena di tanggal yang disebutkan, Barry belum ada booking-an. Padahal, saat itu ia tak tahu jika pengantin Batak yang akan diriasnya putri satu-satunya adalah Presiden Jokowi, Kahiyang Ayu.