Sukses

Kemenpar Raih Dua Penghargaan Diajang Anugerah Media Humas 2017

Liputan6.com, Jakarta Kementerian Pariwisata (Kemenpar) kembali unjuk gigi. Dua gelar terbaik sukses disambar Kemenpar pada ajang Anugerah Media Humas (AMH) 2017 di Novotel Hotel Palembang, Kamis (23/11) malam. Yang pertama kategori Penerbitan Media Internal (Inhouse Magazine). Satunya lagi gelar Terfavorit untuk Stand Pameran dalam kegiatan Humas dan Layanan Publik Expo, 21 - 23 November 2017 di Palembang Sport and Convention Centre (PSCC), Kota Palembang.

Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kemenpar M. Iqbal Alamsjah mengatakan, penghargaan yang diraih Kemenpar dalam ajang AMH 2017 mengalami peningkatan dibandingkan pada AMH 2016 di Bandung. “Ajang AMH tahun ini persaingannya sangat ketat diikuti 176 peserta dan hanya melombakan 4 kategori. Sedangkan tahun lalu ada 7 kategori,” kata M. Iqbal Alamsjah usai menerima trophy dan piagam penghargaan AMH 2017.

Kebanggaan lainnya, di ajang AMH 2017 media internal Kemenpar Majalah Ragam Pesona menjadi terbaik pertama. Prestasinya sukses mengalahkan inhouse magazine Kementerian Keuangan yang selalu menjadi langganan juara satu. “Kebanggaan selanjutnya adalah stand Biro Hukum dan Komunikasi Publik Kemenpar menjadi Stand Terfavorit. Tahun lalu hanya juara harapan dua,” ungkap Iqbal.

Gelar terfavorit tidak begitu saja diberikan untuk Kemenpar. Indikator pengukurannya ada. Dan selama 3 hari, tercatat 1.200 pengunjung berinteraksi di stand Kemenpar. Dari paparan Iqbal, yang datang kebanyakan adalah anak muda atau ‘generasi Now’. Yang tertarik dengan berbagai acara yang disajikan seperti coaching clinic membuat berita oleh Fatkhurrohim (Ketua Forum Wartawan Pariwisata), membuat vlog oleh Murdiyatno wartawan Beautifulindonesia.com, mengenai website interaktif oleh Bima Anggara (Konsultan Digital Marketing - DokterWebsite.ID) dan travel fotografi oleh Akhmad Zona (Fotografer Kemenpar) dan Sendy Aditya Saputra (Fotografer dan Jurnalis).

Itu belum termasuk juga demo masak (kuliner) dan bartender oleh mahasiswa Politeknik Pariwisata Palembang jurusan F & B yang banyak menarik minat pengunjung. "Mereka harus sabar melihat bagaimana proses membuat makanan atau minuman, sebelum akhirnya mendapat kesempatan untuk mencicipi," tambah Iqbal.

Suasana bertambah seru ketika digelar acara gimmick dengan lomba pasang puzzle Pesona Indonesia dengan hadiah berupa souvernir menarik. Kegiatan ini untuk lebih meningkatkan pemahaman pengunjung terhadap branding Pesona Indonesia.

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersyukur dan bangga instansinya berhasil mengalahkan pemerintahan lainnya. Baik kementerian, lembaga, Perguruan Tinggi, BUMN, dan BUMD. "Selamat atas dua kemenangannya di Anugerah Media Humas. Kemenangan ini penting untuk 3C kehumasan Kemenpar, Calibration, Confidence dan Credibility" kata Menpar Arief Yahya.

Ajang AMH sendiri, merupakan rangkaian kegiatan Sinergi Aksi Informasi dan Komunikasi Publik (SAIK) yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) dan Bakohumas.

Acara tersebut telah memasuki tahun ke-12. Inti penghargaan tersebut sebagai momentum untuk memberikan apresiasi sekaligus menjadi tolak ukur kinerja bidang hubungan masyarakat (Humas) lembaga pemerintah. Serta mendorong petugas Humas agar senantiasa tampil di depan dalam melakukan agenda setting di tengah derasnya arus informasi saat ini.

 

(*)