Sukses

Upsss... Ini 3 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Baju!

Liputan6.com, Jakarta Meskipun mencuci baju menjadi pekerjaan sehari-hari dan terkesan sederhana, belum tentu kita sudah melakukannya dengan benar. Memang, tidak ada aturan baku dalam mencuci baju, tetapi ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan dihindari.

Pasalnya, jika Anda mencuci baju dengan cara kurang tepat, Anda sendiri yang ujung-ujungnya akan rugi. Tak hanya mengakibatkan baju kurang bersih atau cepat rusak, tetapi cara mencuci baju yang salah juga dapat membuang-buang sabun cuci, air, listrik, dan uang dengan percuma.

Setidaknya ada tiga kesalahan yang kerap dilakukan seseorang saat mencuci baju. Apa saja itu dan bagaimana solusinya?

Tidak mengelompokkan baju

Ketika mencuci baju, seringkali orang malas untuk mengelompokkan baju dan langsung mencampurnya begitu saja di mesin cuci. Kalaupun membuat pengelompokan, hanya berdasarkan warna saja. Padahal, sebaiknya baju juga dipisahkan berdasarkan jenis bahannya agar tidak cepat rusak.

Jadi, pertama-tama, Anda perlu memisahkan baju berdasarkan warnanya terlebih dahulu. Penulis buku Joey Green's Cleaning Magic, Joey Green, mengatakan bahwa Anda sebaiknya membuat lima kelompok warna baju. Lima kelompok itu adalah kelompok putih, warna terang (termasuk di dalamnya baju garis-garis berwarna putih), warna gelap (hitam, biru, dan cokelat), warna cerah (merah, oranye, dan kuning), dan warna soft.

Setelah itu, pisahkan pakaian berdasarkan jenis bahannya. Contohnya, cuci kain yang memiliki banyak serat, seperti handuk dan sweater secara terpisah. Hal ini untuk mencegah benang rusak dan keluar-keluar. Pisahkan pula pencucian baju dengan bahan yang lebih kasar dengan bahan yang lebih lembut.

Mendiamkan noda

Kesalahan lain yang kerap dilakukan adalah menunda mencuci baju yang terkena noda. Akibatnya, noda jadi mengering dan sulit untuk dibersihkan. Ujung-ujungnya, Anda akan boros sabun cuci dan air karena bersusah payah menghilangkan noda itu.

Sebagai solusi, Green menyarankan untuk langsung mencuci baju begitu terkena noda. Supaya kotoran cepat hilang, rendam baju di satu ember penuh air. Lalu, tambahkan sedikit deterjen ketika Anda ingin menguceknya.

Memasukkan terlalu banyak baju ke mesin cuci

Dalam rangka menghemat air dan listrik, seringkali seseorang memasukkan terlalu banyak baju ke dalam mesin cuci. Padahal, memasukkan terlalu banyak baju dapat mengakibatkan pakaian kurang tercuci bersih.

Dibandingkan mengorbankan kebersihan baju, sebaiknya gunakan saja mesin cuci yang hemat air dan listrik. Dengan begitu, Anda tetap bisa hemat air dan listrik tanpa perlu memasukkan baju terlalu banyak ke mesin cuci.

Pilih mesin cuci yang berteknologi Zeropressure, sehingga dapat beroperasi tanpa ada error meskipun tekanan airnya kecil. Meski debit airnya sangat kecil, mesin cuci akan tetap berputar dan mencuci. Teknologi ini dapat dijumpai di mesin cuci Polytron Zeromatic Belleza.Ilustrasi mesin cuci yang memiliki teknologi Zeropressure dengan pilihan warna menarik.Mesin cuci Polytron Zeromatic Belleza juga hemat listrik dan deterjen. Penggunaan listrik dan deterjen bisa ditekan hingga dua puluh persen.

Yuk, jalani tipsnya dan gunakan mesin cuci Polytron Zeromatic Belleza agar Anda bisa mencuci dengan tepat dan efisien!

 

 

(Adv)

Artikel Selanjutnya
Cek 8 Perabotan Dapur yang jadi Sarang Kuman!
Artikel Selanjutnya
Trik Jitu Atasi Baju Kusut Tanpa Setrika