Sukses

Kahiyang Ayu-Bobby Nasution Jalani Tu Tapian Raya Bangunan

Kahiyang Ayu-Bobby Nasution Jalani prosesi Tu Tapian Raya Bangunan. Ini merupakan prosesi terakhir dari seluruh rangkaian pesta adat.

Liputan6.com, Jakarta Kahiyang Ayu-Bobby Nasution kembali menjalankan prosesi adat Mandailing yang menjadi salah satu acara puncak pada hari Sabtu (25/11/2017). Air mancur yang berada persis di samping tenda tempat Gordang Sembilan dimainkan merupakan bagian penting pada prosesi Tu Tapian Raya Bangunan. Ini merupakan prosesi terakhir dari seluruh rangkaian pesta adat Kahiyang Ayu-Bobby Nasution.

Tu Tapian Raya Bangunan ini dibangun khusus untuk pesta adat besar Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Kalau tidak ada pesta besar-besaran begini, prosesi ini tidak akan diadakan.

Kahiyang Ayu-Bobby Nasution akan diarak ke tempat ini, bertemu para Raja Adat, Suhut, dan Naposos Bulung. Guna memutuskan, apakah Kahiyang Ayu-Bobby Nasution sudah "sah" secara adat Tapanuli Selatan sebagai pasangan suami istri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Prosesi Tu Tapian Raya Bangunan

Setelah sampai di tenda, Kahiyang Ayu-Bobby Nasution berjalan mendekati air mancur tersebut. Seolah-olah mereka menuju air suci untuk membersihkan diri. Kemudian keduanya, sekadar cuci tangan dan cuci kaki.

"Selepas dari acara Tu Tapian Raya, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution tidak lagi berstatus anak muda dan anak gadis. Sah menjadi suami istri," kata Sudirman Lubis, Sesepuh Adat Tapanuli Selatan.

Setelah dari tempat itu, Kahiyang Ayu-Bobby Nasution dibawa ke dalam lokasi acara untuk menari tortor.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.