Sukses

Luwesnya Presiden Jokowi Manotor dengan Setelan Jas Biru

Liputan6.com, Jakarta Presiden Jokowi melakukan manotor bersama keluarga dari Bobby Nasution sebagai pembukaan pesta pernikahan adat Kahiyang-Bobby di Bukit Hijau Residence, Medan, Sabtu (25/11/2017).

Setelah diberikan ulos pada acara penyambutan, Presiden Jokowi kemudian melakukan manotor. Presiden Jokowi sendiri mengenakan setelan jas berwarna biru. Setelan jas biru Presiden Jokowi kemudian disarungi kain songket. Busana khas Mandailing Tapanuli ini terlihat begitu bersahaja.

Ditemani Raja adat dan keluarga Bobby Nasution, Presiden Jokowi tampak luwes menari bersama.

1 dari 2 halaman

Presiden Jokowi Luwes menari tortor

Selama melakukan manotor, Presiden Jokowi tampak luwes mengikuti alunan irama gondang dua yang dimainkan. Hal ini disebabkan karena sebelumnya Presiden Joko Widodo telah mempelajari bagaimana caranya manotor melalui youtube.

Dalam prosesi manotor ini, Presiden Jokowi beserta keluarga Bobby ditaburi beras kuning yang bermakna permohonan kesejahteraan dan kemakmuran bagi kedua mempelai.

Seharusnya beras kuning tersebut dicampur dengan uang koin. Namun untuk menghindari hal yang tidak diinginkan seperti cedera pada Presiden Jokowi, uang koin tersebut tidak dimasukkan ke dalam beras kuning.

Prosesi manortor sendiri memiliki makna sebagai permohonan doa, perlindungan, keselamatan dan kesejahteraan kedua mempelai. Setelah Presiden Jokowi selesai mengenakan manotor, ulos yang digunakannya dilepas.

 

Artikel Selanjutnya
Ardina Rasti Dapat Ucapan Selamat dari Presiden Jokowi
Artikel Selanjutnya
HUT 90 Mooryati Soedibyo, Jokowi Dapat Hadiah Kaus Metallica