Sukses

Semua Desain Kebaya Selera Mertua, Ini 1 Pesan Kahiyang Ayu

Meski tak ikut campur soal desain karena sudah diurus ibunda Bobby, Kahiyang wanti-wanti berpesan ini untuk seluruh busana pesta adat

Liputan6.com, Jakarta Kahiyang Ayu mempercayakan seluruh busana pesta adat di Medan kepada Ibu Nila dari Mojo Kebaya. Ibu Nila merupakan penjahit langganan ibunda Bobby Nasution yang merupakan desainer lokal di Medan, Sumatera Utara.

Seluruh pakaian untuk pesta adat Kahiyang Ayu-Bobby Nasution dikerjakan dalam waktu yang tidak lama. Kira-kira lamanya pengerjaan untuk gaun pada prosesi penyambutan pengantin, kebaya merah jambu pada Mangalehen Margaoan atau pemberian marga mempelai perempuan, dua baju kurung di acara adat Kahiyang-Bobby pada Jumat, dan kebaya merah di prosesi Tu Tapian Raya Bangunan pada Sabtu, 25 November adalah 2,5 bulan.

Menurut Nila, Kahiyang Ayu tidak banyak ikut campur selama proses pengerjaan baju-baju tersebut. Tante dari Jan Ethes ini tinggal terima bersih, dengan sesekali mencoba apakah sudah pas atau merasa masih kurang sreg.

Bahan dan warna dipilih langsung oleh ibu mertuanya. Kahiyang tinggal diukur, kemudian kain-kain itu dijahit menjadi pakaian yang enak dikenakan selama acara adat Kahiyang Ayu-Bobby Nasution berlangsung.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selera Mertua

"Mbak Kahiyang cuma request ke ibu agar jangan buat yang terlalu seksi, terlalu terbuka, harus yang sopan. Dia tidak suka yang terlalu terbuka-buka. Dan tetap harus cantik," kata Nila saat dihubungi Liputan6.com pada Sabtu, 25 November 2017.

Permintaan Kahiyang dirasa wajar dan normal oleh Nila. Terlebih setelah ia mengenal Kahiyang, yang dinilainya sopan, baik, juga santun. Perangai anak perempuan Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang gampang membawa diri, rasa-rasanya sudah paling benar dirancang kebayanya seperti yang ia kenakan selama ini.

"Kita buatkan yang benar-benar senyaman mungkin," kata Nila.

Dikarenakan selama pesta adat Kahiyang-Bobby kedua mempelai kebanyakan duduk, berdiri, dan menari tortor, Nila pun harus sering-sering mengecek apakah pakaian itu sudah pas atau belum.

"Jadi kita harus praktikkan bagaimana songketnya saat Kahiyang jongkok. Besar kecilnya pun harus dilihat saat dia duduk lalu berdiri. Ini semua harus pas dan harus nyaman," kata Nila menjelaskan.

Hasil yang didapat pun memuaskan. Menurut Nila, Kahiyang Ayu merasa nyaman selama mengenakan pakaian rancangannya. Kahiyang pun merasa puas.

"Alhamdulillah, dia suka," kata Nila.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.