Sukses

Potong Kerbau, Pesta Adat Kahiyang Ayu-Bobby Nasution Dimulai

Liputan6.com, Jakarta Satu ekor kerbau sudah dipotong oleh keluarga besar mempelai pria di sekitaran halaman rumah, yang dijadikan tempat berlangsungnya acara adat pada ngunduh mantu Kahiyang Ayu-Bobby Nasution. Dengan demikian, pesta adat yang akan dilaksanakan semalan suntuk pada Jumat, 24 November 2017, resmi dimulai.

Penyembelihan kerbau atau Manalpokkon Lahan (Pulungan) sudah menjadi ritual wajib bagi pasangan suami-istri yang menikah menggunakan adat Tapanuli Selatan. Apalagi jika yang menjalankan prosesi adat tersebut adalah keluarga berada seperti Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution

"Di adat Mandailing itu memang ada beberapa acara yang harus pasangan lakukan. Ada yang menengah dan ada yang kecil. Kalau sudah menyembelih kerbau, artinya keluarga korang atau keluarga ini sudah terlalu besar," kata Sesepuh Adat Mandailing, Sudirman Lubis kepada Liputan6.com di Perumahan Bukit Hijau Regency (BHR), Kawasan Ring Road, Medan, Sumatera Utara, Jumat (24/11/2017)

Menurut Sudirman Lubis, ini yang menjadi kendala banyak pasangan suami istri berdarah batak, khususnya Tapanuli Selatan, tidak mau menikah secara adat.

"Orang tidak mampu tidak bisa melaksanakannya. Misal dia bikin acara adat tapi tidak menyembelih kerbau, rasanya "kurang sah"," kata Lubis.

Sebuah tenda terpasang di lokasi acara ngunduh mantu Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Komplek Bukit Hijau Regency, Medan, Kamis (23/11). Rangkaian upacara adat dan resepsi Kahiyang dan Bobby dilangsungkan 24-26 November. (Liputan6.com/Johan Tallo)

1 dari 2 halaman

Manalpokkon Lahan

Pekerja memasang gapura menyambut tamu acara ngunduh mantu Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution di Komplek Bukit Hijau Regency, Medan, Kamis (23/11). Rangkaian upacara adat dan resepsi Kahiyang dan Bobby dilangsungkan 24-26 November. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Biasanya, yang melakukan ritual penyembelihan kerbau seperti acara adat Kahiyang Ayu-Bobby Nasution adalah mereka yang keturunan raja-raja.

"Kayak si Bobby ini. Anak itu kan keturunan raja juga," kata dia.

Setelah penyembelihan kerbau acara akan dilanjutkan dengan manyantan gordang sambilan dan gonda.

Grup Kesenian Mandailing Gunung Kulabu Pakantan memainkan alat musik di pesta Kahiyang Ayu-Bobby Nasution. (Liputan6.com/Nanda Perdana P.)