Sukses

8 Alasan Masuk Akal Payudara Terasa Gatal

Liputan6.com, Jakarta Payudara gatal bisa menjadi masalah tersendiri bagi kaum wanita, apakah Anda sering merasakannya? Beberapa wanita akan mengalami payudara gatal di bagian puting atau bagian bawah, mengalami iritasi, dan sensasi terbakar yang bersamaan.

Dilansir dari laman self, Selasa (28/11/2017), berikut ini adalah beberapa alasan masuk akal mengapa payudara Anda seringkali terasa gatal. Penasaran?

1. Tidak pernah mencuci bra

Anda mungkin mengenakan bra lebih sering daripada mencucinya. Faktanya, hal ini bisa menyebabkan masalah pada payudara.

Pakaian kotor, khususnya pakaian dalam tentu memiliki bakteri yang bisa menginfeksi dan mengiritiasi kulit. Anda benar-benar harus mencuci bra setidaknya seminggu sekali.

2. Terkena sengatan matahari

Berjemur selama liburan musim panas mungkin terdengar seperti ide bagus, namun faktanya, kulit di sekitar payudara adalah yang paling sensitif, karena tidak pernah terkena sinar matahari. Sengatan matahari bisa menyebabkan gatal hebat karena iritasi kulit yang terjadi.

3. Sabun dan deterjen yang digunakan tidak cocok

Dermatitis kontak adalah reaksi alergi yang bisa terjadi bila kulit terkena sesuatu yang tidak disukainya, gatal merupakan salah satunya. Lain kali, lebih berhati-hati dalam mencuci barang-barang yang melekat langsung pada kulit Anda.

4. Anda memiliki eksim

Eksim adalah kondisi kulit kronis yang menyebabkan kering, gatal, dan radang yang muncul sebagai ruam merah. Jika Anda seringkali mengalami gatal pada payudara sesaat, eksim bisa menjadi penyebabnya.

1 dari 2 halaman

Alasan mengapa payudara Anda sering terasa gatal

5. Anda memiliki psoriasis

Psoriasis adalah kondisi yang menyebabkan sel kulit membentuk sisik dan bercak kering, serta gatal. Sayangnya, sama halnya dengan eksim, psoriasis bisa muncul di bagian payudara.

6. Payudara membenci bra Anda

Bra bisa terbuat dari berbagai jenis kain dan beberapa versi yang lebih murah tentu akan sangat mengganggu payudara Anda. Kain sintetis adalah masalah terbesar.

7. Anda memiliki infeksi jamur di bawah payudara

Anda mungkin mengaitkan infeksi jamur dengan vagina, namun hal ini juga bisa terjadi pada payudara. Kelembapan bisa terjebak di daerah bawah payudara, menciptakan lingkungan sempurna bagi jamur untuk tumbuh, membuat kulit terasa sangat gatal.

8. Kasus yang sangat jarang adalah gejala kanker

Ada kemungkinan kecil payudara gatal adalah gejala kanker. Namun, biasanya kulit akan mengalami gejala lainnya, seperti ruam, kulit jeruk, dan merah meradang panas saat disentuh. Apakah sampai saat ini payudara Anda masih terasa gatal?

Artikel Selanjutnya
Selain Menstruasi, Ini 8 Penyebab Pendarahan Vagina
Artikel Selanjutnya
5 Perubahan Vagina Setelah Melahirkan