Sukses

4 Cara Atasi Patah Hati dan Putus Cinta dalam Sesaat

Liputan6.com, Jakarta Anda pernah mengalami putus cinta atau cinta bertepuk sebelah tangan? Untuk yang pernah melewati masa-masa tersebut, Anda tentu tahu bagaimana rasa sakitnya yang seolah membuat hidup jadi terasa suram.

Bagi orang lain yang sedang tidak merasakannya, menjadi murung atau bersedih karena pati hati mungkin tampak sepele. Akan tetapi sebagaimana kondisi psikis negatif lain, kesedihan akibat putus cinta yang tidak terkontrol bisa berdampak parah jika tidak diatasi.

Lalu, apa obat yang bisa menyembuhkan sakit hati semacam ini. Melansir halaman Your Tango pada Kamis (22/11/17), berikut ini adalah 4 cara untuk mengatasi rasa sakit hati terkait urusan percintaan.

Jangan ditahan

Merasakan kesedihan adalah hal manusiawi. Luapkan apa yang Anda rasakan dalam hati. Menahan rasa tersebut justru bisa menjadi bom waktu yang bisa meledak saat semua tak lagi tertahankan. Jika ingin menangis, maka menangis lah. Luapan ekspresi emosi semacam ini justru bisa cukup memberi rasa lega walau tak serta merta menghilangkan seluruh sakit hati Anda.

 

1 dari 3 halaman

Support system

Kala putus cinta Anda bisa melihat siapa sesungguhnya orang-orang yang menjadi support system Anda. Yakni mereka yang ada di samping Anda saat merasa sedih dan berupaya untuk memberi dukungan atau masukan untuk Anda. Satu hal yang perlu diingat ialah bahwa mereka hadir bukan untuk menjadi sasaran luapan emosi Anda. Justru Anda yang harus berusaha membuka diri untuk energi dan masukan positif yang akan mereka berikan.

Menjalani terapi

Pilihan lain untuk mengobati rasa sakit hati Anda adalah pergi menemui profesional di bidang psikologi dan relationship. Berdiskusi dengan ahli bisa membuka wawasan Anda tentang cara melihat sebuah situasi atau persoalan. Ahli pun akan memberikan Anda berbagai saran yang tentunya bukan sembarang masukan, melainkan sebuah hal yang telah dipelajari secara mendalam dengan referensi studi kasus yang beragam.

 

2 dari 3 halaman

Refleksi diri

Patah hati dan putus cinta merupakan saat yang tepat untuk mempelajari diri Anda sendiri. Anda merenungkan tentang banyak hal tentang diri Anda sendiri, mulai dari cara Anda menilai seseorang, bagaimana Anda menghadapi masalah, apa kelemahan dan kekuatan Anda, dan banyak hal lainnya. Pengenalan tentang diri sendiri adalah langkah awal untuk membangun diri menjadi lebih baik.

Bio In God Bless

Artikel Selanjutnya
Tips Hindari Pertengkaran Pasangan agar Tak Berujung Pembunuhan
Artikel Selanjutnya
Jelang Pernikahan Raisa, Ini Tips Atasi Patah Hati Buat Warganet