Sukses

Cara Mudah Buat Sendiri Kimchi Anda di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Seperti yang Anda ketahui, kimchi adalah makanan yang sangat populer di Korea. Untuk membuat kimchi sebenarnya mudah, Anda hanya perlu merendamnya dalam air asin untuk membunuh bakteri.

Beberapa orang percaya bahwa menambahkan gula adalah cara terbaik, sisanya sama sekali menghindari pemanis. Lain hal dengan sayuran yang seharusnya ada di dalam kimchi, apa yang Anda suka?

Dilansir dari thekitchn.com, Rabu (22/11/2017), sekarang Anda tidak perlu bingung lagi membuat kimchi sendiri di rumah, berikut langkah-langkahnya.

Apa yang Anda butuhkan?

1 buah kubis napa1/4 cangkir garam laut atau garam halalAir1 sendok makan bawang putih parut (5 sampai 6 siung)1 sendok teh parutan jahe1 sendok teh gula2 sampai 3 sendok makan perasa seafood1 sampai 5 sendok makan bubuk paprika merah8 ons lobak kupas atau potong serupa korek api4 daun bawang, potong-potong menjadi satu inci

Peralatan yang Anda butuhkan?

Talenan dan pisauMangkuk besarSarung tanganPiring dan toplesColanderMangkuk kecilToples dengan pengaman atau penutup plastikMangkuk atau piring untuk diletakkan di bawah toples tersebut selama proses fermentasi kimchi

 

1 dari 2 halaman

Cara membuat kimchi sendiri di rumah

Langkah-langkah yang harus Anda lakukan?

1. Iris kubis, potong memanjang, dan buang bagian tengahnya. Potong setiap bagian melintang menjadi strip 2 inci.

2. Garami kubis. Tempatkan kubis dan garam dalam sebuah mangkuk besar, gunakan tangan untuk memijatkan garam sampai meresap ke kubis dan sedikit lunak. Tambahkan air, dan tutup dengan piring selama 1 sampai 2 jam.

3. Bilas dan tiriskan kubis. Bilas kubis di bawah air dingin selama 3 kali dan tiriskan dalam saringan selama 15 sampai 20 menit.

4. Buat pastanya. Gabungkan bawang putih, jahe, gula pasir, dan perasa seafood dalam sebuah mangkuk kecil, aduk hingga membentuk pasta halus, dan tambahkan satu sendok makan bubuk paprika merah untuk rasa pedasnya.

5. Campurkan sayuran dan pastanya. Peras perlahan sisa air dari kubis dan masukkan bersama-sama ke dalam mangkuk bersama lonak, daun bawang, dan pasta yang telah dibuat terpisah.

6. Campurkan dengan seksama. Dengan menggunakan tangan, aduk pasta hingga sayuran sampai benar-benar terlapisi.

7. Taruh kimchi ke dalam toples. Masukkan ke dalam toples, tekan ke bawah sampai air garamnya naik untuk menutupi sayuran, tinggalkan satu inci ruang di bagian atas, kemudian tutup.

8. Biarkan berfermentasi. Taruh toples pada pada suhu kamar selama 1 sampai 5 hari, Anda mungkin akan melihat gelembung, namun tidak masalah, tempatkan mangkuk atau piring di bawah toples untuk menampung luapan apa pun.

9. Periksalah setiap hari dan dinginkan saat siap. Periksa kimchi sekali dalam sehari, sambil menekan sayuran dengan jari bersih atau sendok, rasakan sedikit, bila matang sesuai keinginan, pindahkan toples ke dalam kulkas. Anda bisa langsung memakannya, namun kimchi terbaik adalah setelah disimpan selama 1 atau 2 minggu.

Artikel Selanjutnya
12 Cara Sederhana agar Bahagia di Tempat Kerja
Artikel Selanjutnya
5 Trik agar Bisa Makan Hemat di Restoran