Sukses

Sederhananya Makanan Acara Ngunduh Mantu Jokowi

Inilah makanan yang akan tersaji di acara ngunduh mantu Jokowi.

Liputan6.com, Jakarta Rangkaian acara ngunduh mantu Jokowi di Medan sudah berlangsung sejak Minggu (19/11/2017). Dua hidangan yang tersaji pada prosesi adat pemberian marga untuk Kahiyang Ayu, yaitu pakkat (rotan muda) dan ikan sale sambal, dipastikan tidak akan ada di resepsi Kahiyang-Bobby pada Sabtu, 26 November 2017.

"Karena untuk yang hari terakhir ini, lebih ke nasional. Kalau itu (pakkat dan sale) khas Tapanuli," kata owner Focus Wedding Planner yang dipercaya menangani seluruh rangkaian ngunduh mantu di Medan, Muhammad Fauzi, kepada Liputan6.com di Medan, Sumatera Utara, Rabu, 22 November 2017.

Berdasarkan informasi yang Fauzi dapat dari vendor katering pilihan keluarga Bobby Nasution, makanan-makanan yang akan terhidang pada resepsi terakhir itu jauh dari kesan mewah.

Orang-orang mungkin tidak akan percaya, kalau acara ngunduh mantu Jokowi bakal menyajikan makanan-makanan itu.

"Untuk tanggal 26 saja ada sop iga, daging sapi, ayam kecap, udang telur asin, cah brokoli, nasi putih, nasi merah," kata pria yang biasa disapa Bang Ojie sambil melihat daftar makanan yang ada di ponselnya.

Tidak ketinggalan jajanan pasar yang terdiri dari risol, canil, lupis, dan bubur. "Memang tidak ada makanan internasional, takut enggak pada makan (barangkali)," ujar dia.

Sementara makanan untuk acara adat di Jumat dan Sabtu yang terdiri dari Manalpokkon Lahan atau Pulungan (menyembelih kerbau), Manyantan Gordang Sambilan dan Gondang, Membuka Galang-galang, Marlongit, Margalanggang, sampai Matortor, akan disajikan nasi goreng, mi bakso, bandrek, roti, teh dan kopi, serta kacang rebus. Makanan-makanan itulah yang akan tersaji di ngunduh mantu Jokowi.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ingin sederhana dan kekeluargaan

Acara adat di hari Jumat ini akan berlangsung cukup lama. Pada Jumat malam, misalkan, keluarga Bobby Nasution mengadakan yang namanya Margalanggang (Manortor III), yang akan berlangsung dari pukul 20.00 sampai 08.00 pagi (Sabtu). Oleh karena itu, makanan-makanan itu harus ada terus sampai esok harinya

"Karena mereka begadang nih sampai tanggal 25, akan diputar terus makanannya. Kayak kacang, bubur kacang ijo, kue, air putih, dan jajanan pasar," kata dia menjelaskan.

Terkesan sederhana banget, bukan? Namun, inilah yang keluarga Jokowi inginkan, sederhana dan kekeluargaan.

"Mintanya memang seperti itu," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.