Sukses

9 Manfaat Mengejutkan dari Mengonsumsi Kimchi

Liputan6.com, Jakarta Jika Anda merupakan salah satu penikmat film atau drama Korea, mungkin nama makanan kimchi sudah tidak asing lagi. Kimchi merupakan makanan rendah lemak dan tinggi akan serat yang begitu terkenal di Asia.

Berbentuk hidangan kubis merah yang difermentasi, terkadang dengan lobak, dibuat dengan campuran garam, cuka, bawang putih, cabai rawit, dan rempah-rempah lainnya. Setelah dicampurkan semuanya, bahan-bahan tersebut difermentasi ke dalam toples yang ditutup rapat, dan disajikan dengan nasi, mie, atau sup.

Lantas, mengapa makananan ini begitu populer di kalangan masyarakat Korea? Dilansir dari lifehack.org, Rabu (22/11/2017), berikut ini adalah manfaat tak terduga jika Anda mengonsumsi kimchi. Penasaran?

1. Mengandung bakteri sehat dan probiotik untuk kesehatan tubuh Anda

Karena kimchi difermentasi, seperti yogurt, maka tidak heran jika makanan ini mengandung bakteri sehat yang disebut sebagai lactobacilli, berfungsi membantu proses pencernaan tubuh Anda. Selain itu, probiotik dari produk makanan yang difermentasi juga dapat melawan berbagai infeksi di tubuh Anda.

2. Menurunkan kadar kolestrol

Jika Anda menderita tekanan darah atau kolestrol tinggi dalam darah, bawang putih dalam kimchi mengandung allicin dan selenium, sangat membantu dalam menurunkan cadangan kolestrol tubuh. Kedua zat tersebut juga secara tidak langsung membantu Anda mencegah kemungkinan terkena stroke atau penyakit kardiovaskular lainnya, karena mencegah pembentukan plak di dinding arteri.

3. Memfasilitasi pengembangan tubuh yang sehat dan penglihatan yang jernih

Sebanyak 100 gram kimchi mengandung 18 persen vitamin A harian, memungkinkan Anda mendapatkan diet 2.000 kalori per harinya. Selain itu, antioksidan dari vitamin A dalam kimchi juga bisa membantu menyingkirkan radikal bebas yang ada di tubuh, memungkinkan Anda untuk tetap sehat, dan membantu menjaga penglihatan yang jernih, sekaligus sehat.

 

 

1 dari 3 halaman

Manfaat mengejutkan dari kimchi

4. Menghasilkan kulit bercahaya dan rambut mengkilap

Selenium dari bawang putih di dalam kimchi dapat membuat kulit dan rambut Anda tetap sehat. Mengonsumsi kimchi dapat membantu Anda mencegah datangnya keriput dalam jangka panjang, mempertahankan vitamin C, membuatnya bekerja lebih kuat dan efektif di dalam tubuh.

5. Mencegah kanker perut

Kubis dan lobak China di dalam kimchi mengandung bahan kimia bio seperti isosianat dan sulfida yang membantu mendetoksifikasi logam berat yang seringkali ada di dalam hati, usus halus, dan ginjal Anda.

6. Memperlambat proses penuaan

Pernah bertanya-tanya mengapa orang Korea selalu tampil muda? Ini juga merupakan manfaat dari kimchi yang kaya anti oksidan, mampu menurunkan tingkat penuaan kulit, menghambat oksidasi sel, membuat Anda selalu terlihat muda.

2 dari 3 halaman

Manfaat mengejutkan dari kimchi

7. Membantu menurunkan berat badan

Tahukah Anda bahwa 150 gram kimchi hanya mengandung 40 kalori? Kimchi dapat membantu metabolisme karbohidrat untuk menurunkan berat badan.

8. Mencegah terjadinya tukak lambung

Kimchi mengandung leuconostoc mensenteroides yang menghasilkan dekstrin, zat penting untuk menghentikan pertumbuhan bakteri di dalam tubuh Anda.

9. Meningkatkan imunitas tubuh

Kimchi menyebabkan sel kekebalan tubuh menjadi lebih aktif dan antibodi menjadi lebih melimpah. Makan diet kolesterol tinggi bisa memberi kekebalan aktivitas sel sebanyak 55 persen, sedangkan diet normal bisa memberi 68 persen, namun diet kolestrol tinggi ditambah kimchi bisa memberi Anda sebanyak 75 persen. Wow.

Artikel Selanjutnya
5 Minuman Sehat yang Tak Kalah Segar dari Soda
Artikel Selanjutnya
Mengejutkan, Sayur dan Buah Ini Bisa Dimakan Secara Utuh