Sukses

Kimchi Day 22 November, Ini Selebrasinya

Liputan6.com, Jakarta Siapa yang tidak kenal kimchi? Bagi Anda penggemar K-Pop pasti sudah tidak asing dengan kuliner yang satu ini. Kimchi merupakan makanan khas korea yang terbuat dari sayuran dan diberi bumbu pedas serta beragam rempah khas Korea. Di Indonesia, kimchi mirip dengan acar atau asinan.

Hari ini, 22 November, diperingati sebagai Hari Kimchi. Jika Anda memerhatikan, Google Doodle hari ini juga bertemakan Kimchi Day. Lalu mengapa hari ini dijadikan Hari Kimchi? Pemilihan Hari Kimchi sendiri bukan tanpa sebab, tanggal tersebut dipilih berdasarkan hasil penelitian. Ternyata, Google Doodle memperingati Kimchi Day pada hari ini (22/11/2017).

Meski cukup populer, banyak orang masih cukup ragu untuk memakan kimchi. Perpaduan rasa "mengejutkan" antara asam dan pedas akan dirasakan ketika Anda memakan kimchi. Di Korea sendiri, terdapat beragam macam masakan kimchi tergantung dari lokasi dan keahlian juru masaknya.

Karena itu, Asosiasi Kimchi Korea memilih tanggal 22 November sebagai 'Kimchi Day'. Pemilihan tanggal tersebut berdasarkan hasil penelitian yang otentik di mana jika seseorang mengasinkan kimchi pada 22 November, maka akan mendapati rasa Kimchi yang tajam.

Kimchi sendiri ditemukan pertama kali sekitar 2600-3000 tahun yang lalu. Pada abad ke 18, kimchi dibuat pertama kali dengan cabai rawit. Banyak variasi recep kimchi pada jaman ini. Saking banyaknya, ada 100 macam kimchi.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini.

 

1 dari 2 halaman

Kimchi Day

Dilansir dari laman Houndwar tistory pada Rabu (22/11/2017), pemilihan tanggal 22 November sesuai dengan 22 bahan yang digunakan untuk membuat kimchi. Kepala dari Asosiasi Kimchi Korea Park Kun-young mengatakan bahwa kimchi telah terpilih sebagai salah satu dari lima makanan sehari di dunia.

"Kami memutuskan untuk menetapkan Kimchi Day untuk semakin aktif mempromosikan kualitas terbaik dari kimchi dan mengembangkan budaya kimchi," ujar Park Kun-young, Ketua Asosiasi Kimchi Korea.

Pada 2008, sebanyak 2.200 ibu rumah tangga membuat 130 ton kimchi untuk didonasikan kepada masyarakat yang membutuhkan. Acara ini digelar untuk merayakan Kimchi Day.