Sukses

Perancang Busana Papan Atas Azzedine Alaia Menutup Usia

Kabar duka datang dari dunia fashion, perancang busana papan atas Azzedine Alaia tutup usia.

Liputan6.com, Jakarta Dunia Fashion kembali berduka atas kehilangan akan seorang desainer berbakat. Pada Sabtu (18/11/17), perancang Azzedine Alaia meninggal dunia di usia ke-82 tahun. Rerangan jantung merupakan penyebab dari kepergiannya.

Azzedine Alaia adalah desainer kelahiran Tunisia yang telah merancang busana untuk klien-klien ternama seperti Michelle Obama hingga Lady Gaga. Ia dikenal sebagai seseorang yang percaya bahwa sistem dunia mode telah merusak daya kreatif di mana seharusnya rancangan-rancangan bisa menjadi karya seni.

Melansir halaman New York Times pada Minggu (19/11/17), ia jarang menampilkan karyanya di official calendar dari fashion week dan lebih suka untuk mempresentasikan koleksinya ketika koleksi itu sudah jadi sesuai dengan proses produksinya sendiri, atau bukan seturut permintaan peritel maupin pers. Alaia menciptakan sistemnya sendiri.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Azzedine Alaia Tutup Usia

Melihat perkembangan mode yang semakin “didesak” untuk lebih cepat dalam memproduksi pakaian, sikap Alaia merupakan sebuah suara berbeda yang membuat insan mode lain berpikir tentang sistem yang ada sekarang ini.

Alaia terkenal dengan ciri khas gaya personalnya. Ia selalu mengenakan kemeja bergaya oriental. Ia juga dikenal sebagai seorang pekerja keras yang bekerja hingga larut malam ditemani dengan tayangan National Geographic di televisi.

Ia percaya bahwa fashion bukan hanya sekadar garmen, melainkan elemen dari women empowerment dan percakapan kebudayaan secara luas. Lahir pada tahun 1935, Alaia datang ke Paris pada tahun 1957. Saat itu ia bekerja pada Christian Dior. Kemudian, setelah terkenal di kalangan kelas atas Prancis, ia meluncurkan labelnya sendiri pada tahun 1979.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini