Sukses

Bikin Lapar, Bobby Nasution Sajikan Ikan Sale dan Martabak Medan

Liputan6.com, Jakarta Prosesi pemberian marga kepada putri Presiden Joko Widodo, Kahiyang Ayu, digelar hari ini di kediaman Bobby Nasution, di Jalan STM Ujung, Medan Johor, Sumatera Utara. Selain dekorasi unik warna pelangi dan penampilan Kahiyang Ayu yang sederhana dan cantik, perhatian publik juga tertuju pada beragam kuliner khas Medan yang dihidangkan untuk para tamu undangan.

Pantauan tim Liputan6.com di kediaman Bobby Nasution, Senin (21/11/2017), ada beberapa hidangan khas Medan yang disajikan. Salah satunya adalah martabak Medan. Sepintas martabak Medan tidak jauh berbeda dengan sajian martabak pada umumnya. Namun, martabak ini punya ciri khas yang unik. Kulit martabak dimasak di dalam adonan telur dan disajikan dengan kuah kari yang lezat.

Ikan sale jadi menu kuliner unik lainnya yang tersaji dalam acara pemberian marga kepada Kahiyang Ayu. Jika di Manado dikenal dengan ikan asap, maka Medan mengenalnya dengan sebutan ikan sale. Ikan sale merupakan kuliner khas Medan yang diolah dengan cara diasap. Mengasap ikan sudah dilakukan masyarakat Medan sejak lama, seiring dengan tradisi masyarakatnya yang gemar makan ikan.

Cara pengolahan ikan sale sendiri berbeda-beda di tiap daerah di Medan. Namun, tradisi Mandailing kerap mengolahnya dengan campuran santan dan bumbu yang dihaluskan, kemudian menjadi hidangan gulai ikan sale.

 

1 dari 2 halaman

Prosesi Pemberian Marga

Inti acara pemberian marga sendiri, yaitu keluarga mempelai pria memohon kepada keluarga pihak ibu Bobby, untuk berkenan memberikan marga kepada sang istri, Kahiyang Ayu. Pemberian marga ini penting karena jika resepsi ingin digelar secara adat, maka pemberian marga kepada Kahiyang Ayu menjadi sesuatu yang harus dilakukan terlebih dahulu.

"Bobby ini dibesarkan secara adat. Tentunya, bila seorang pengantin mengambil boru atau istri. Karena Kahiyang bersuku Jawa, tentunya kita bertanggung jawab memberikan marga," ucap Doli, paman Bobby Nasution.

Artikel Selanjutnya
15 Makanan Khas Cirebon Ini Bertahan dari Gempuran Junk Food
Artikel Selanjutnya
Menggoyang Lidah, Nikmatnya Soto Klethuk Khas Blora Patut Dicoba