Sukses

Festival Nusa Penida 2017 Sajikan Seni Budaya dan Olahraga

Liputan6.com, Klungkung Jika Anda ingin menyaksikan 1000 penari membawakan Tari Baris Jengkang dan kejuaraan selancar dunia dalam satu tempat, segera langkahkan kaki anda ke Nusa Penida, Bali. Pasalnya, ada Festival Nusa Penida IV, pada 6-9 Desember 2017.

“Ini merupakan festival seni budaya serta sport. Selama 4 hari kita ajak wisatawan untuk mengeksplor keindahan Nusa Penida, Nusa Lembongan, dan Nusa Ceningan,” ujar Kepala Dinas Pariwisata Klungkung, I Nengah Sukasta, Senin (20/11/2017).

Dipusatkan di Desa Jungutbatu, festival tahun ini akan lebih menonjolkan kekhasan kuliner. Selain itu, ada juga seni dan budaya, sehingga dekat dengan masyarakat. Pementasan seni budaya masyarakat Klungkung dan Nusa Penida akan diadakan dengan melibatkan para nelayan sebagai daya tarik utama.

“Kami ingin menampilkan kearifan lokal serta seni budaya Nusa Penida. Kami akan buat wisatawan menikmati keindahan alam Nusa Penida. Bahkan, nanti ada lomba pakaian adat bali untuk wisatawan asing," ucap Sukasta.

Ia mengatakan, salah satu acara yang rencananya akan dilaksanakan adalah kampanye wahana perlindungan terumbu karang agar publik dapat menyatu dengan alam. Tak hanya itu, beragam wisata laut seperti sailing, snorkeling, surfing, dan olahraga laut lainnya juga akan tersedia.

“Kita juga akan mengajak wisatawan untuk mengeksplor keindahan bahari Nusa Penida. Nanti akan ada banyak kegiatan bahari yang akan kita tampilkan. Ada kejuaran surfing internasional, lomba sampan, snorkling, serta diving. Kita juga akan melakukan kegiatan bersih pantai dan penanaman terumbu karang,“ kata Sukasta.

 

Nusa Penida adalah sebuah pulau kecil dibandingkan pulau lain di Bali. Namun, Nusa Penida menawarkan keindahan yang luar biasa dengan posisinya yang diapit tebing-tebing. 

Pantai masih menjadi salah satu favorit wisatawan ketika pelesiran di Nusa Penida. Misalnya, Broken Beach alias Pantai Pasih Uug dan Pantai Atuh. Namun, banyak spot di Nusa Penida yang sebenarnya sayang dilewatkan oleh wisatawan. Air Terjun Seganing, Pura Gunung Cening, dan Teluk Manta adalah beberapa tempat lain yang bisa Anda kunjungi.

Tak berhenti di situ, keindahan Angels Billabong bagaikan permata tersembunyi. Angels Billabong menawarkan kolam alami berwarna biru kehijauan di antara tebing kapur.

Selama ini, Angels Billabong memang sudah menjadi destinasi wajib bagi wisatawan yang bertamasya ke Nusa Penida. Jika dilihat di ketinggian, air seperti memiliki tiga warna, yaitu hijau, putih, dan biru. Wisatawan bisa berenang dengan santai sembari menikmati nuansa laut indah di Nusa Penida.

Selain menikmati keindahan alam Nusa Penida, wisatawan juga bisa mendapatkan pengalaman mengesankan dengan bergaul bersama penduduk lokal. Mereka pun bisa menyaksikan proses dari budi daya hingga panen rumput laut.

Soal penginapan, wisatawan juga tak perlu cemas. Sebab, ada banyak penginapan di Nusa Penida yang sesuai dengan kocek wisatawan.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya, mengatakan bahwa kekuatan kultur serta keindahan alam Nusa Penida merupakan daya tarik magis dari Nusa Penida. “

Tak terbantah lagi. Nusa Penida memang luar biasa. Silakan datang dan buktikan sendiri Desember nanti,” ujarnya.

 

 

(*)

 

 

Artikel Selanjutnya
RI Raih Juara 3 di Festival Musik Tradisional Uzbekistan
Artikel Selanjutnya
Catat Dulu Jadwal Festivalnya Sebelum Beli Tiket Pesawat ke Bali