Sukses

2 Langkah Mudah Mengecilkan Kemeja yang Kebesaran

Jangan terburu-buru membuang kemeja yang kebesaran, intip 2 tips mengecilkan kemeja berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki kemeja bagus namun ukurannya terlalu besar? Mungkin nasibnya akan tergeletak begitu saja. Meskipun motif atau modelnya menarik, kemeja memang tidak selalu memiliki ukuran yang pas. Tapi, selama kemeja yang Anda punya terbuat dari bahan katun dan tidak mudah menyusut, tips bermanfaat dari laman Who What Wear, Kamis (23/11/2017) berikut ini layak dicoba.

Lakukan metode perebusan

Ada beberapa metode efektif untuk mengecilkan baju, dan yang paling mudah adalah dengan merebusnya. Cukup panaskan sebotol air, lalu matikan kompor segera jika sudah mendidih. rendam kemeja ke dalam air panas selama sekitar lima menit.

Jika Anda ingin tingkat penyusutan yang lebih kecil, Anda bisa membiarkan baju direndam dalam air sampai 20 menit. Semakin lama kemeja dibiarkan dalam air, maka akan semakin menyusut. Namun, ada batasnya, kebanyakan kemeja hanya akan menyusut hingga maksimal 20 persen.

Setelah itu, keluarkan kemeja dari rendaman air menggunakan sepasang penjepit atau sendok kayu. Apabila kemeja sudah cukup dingin untuk disentuh, peraslah dan biarkan terbuka. Proses merebus dapat diulang sebanyak yang Anda butuhkan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

 

Saksikan juga video menarik berikut ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Metode pengeringan

Jika Anda ingin mengecilkan kemeja dengan cepat, metode pengeringan dengan pemanas mungkin bisa Anda coba. Pertama, cuci kemeja pada pengaturan terpanas pada mesin cuci Anda. Apabila Anda mencampurnya dengan baju lain, pastikan hanya mencuci dengan warna yang serupa untuk menghindari kelunturan.

Jangan mencoba metode ini pada T-shirt yang bergambar atau T-shirt vintage yang berbahan tipis dan mudah rapuh, karena justru akan merusak tekstur kainnya. Selanjutnya akhiri dengan mengeringkan kemeja menggunakan pengering dengan mengatur suhu yang paling panas.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.