Sukses

Manusia Zaman Now Tak Bisa Hidup Tanpa 6 Barang Ini

Liputan6.com, Jakarta Semua orang pasti tahu apa saja yang masuk dalam kebutuhan pokok. Sandang, pangan, papan. Alias pakaian, makanan, dan tempat tinggal. Berarti, seharusnya manusia bisa hidup selama tiga kebutuhan di atas itu terpenuhi. Kalau punya lebih, ya disyukuri. Kalau tidak ada, ya tak masalah. Sebab, kebutuhan dasarnya sudah lengkap, bukan? Tapi hal ini tidak berlaku di zaman now.

Namanya juga manusia. Pasti tidak pernah puas. Apalagi ditambah dengan zaman yang makin modern dan tren gaya hidup konsumtif. Jadilah sekarang kita ketergantungan dengan barang-barang tertentu yang sebenarnya bisa dibilang sebagai barang mewah.

Lalu barang-barang apa saja yang akan membuat kita kelabakan kalau tiba-tiba tidak kita miliki lagi? Berikut ini di antaranya, menurut DuitPintar.com.

1. Internet

Banyak hal dalam kehidupan yang jadi makin mudah dengan bantuan Internet. Mulai dari karier, bisnis, hingga hal-hal yang sifatnya hiburan, semua bergantung sama Internet.

Kehadiran media sosial kemudian membuat Internet makin dibanjiri oleh netizen dari berbagai usia dan kalangan. Semua orang tidak mau ketinggalan trending topic.

Tak heran kalau banyak orang yang panik ketika tak bisa mengakses Internet. Terutama ketika harus bekerja.

Tapi untuk menikmati Internet di Indonesia, kita harus merogoh kocek. Apalagi kalau ingin Internet yang cepat dan lancar. Pengeluaran pasti lebih besar.

Bisa saja tetap hemat meskipun rajin akses Internet. Coba kalau lagi di kantor atau tempat umum lain yang ada fasilitas wifi-nya, manfaatkan saja. Dan, sebisa mungkin jangan buka streaming site. Selain buang waktu, Anda juga buang kuota.

2. Smartphone

Kalau yang ini sudah tidak heran ya. Zaman now serba digital, hal ini jelas membuat smartphone jadi salah satu barang kesayangan bagi mayoritas orang. Ketika sedang hangout sama teman juga banyak yang malah asyik sama smartphone masing-masing, bukannya mengobrol.

Produsen smartphone juga rajin mengeluarkan produk-produk anyar. Inilah yang sering membuat kita tergoda. Alhasil, tabungan pun terkuras hanya untuk beli smartphone terbaru.

Kalau memang hobi gonta-ganti smartphone, coba rajin cari info soal pameran gadget. Karena biasanya di event seperti itu, gadget keluaran terbaru bakal ditawarkan dengan harga miring.

 

1 dari 3 halaman

3. Televisi

Bisa dibilang televisi juga sudah jadi bagian dari keseharian. Cek saja, dari semua tetangga, memang ada yang tidak punya televisi? Pasti semua punya. Merek, tipe, dan ukurannya saja yang mungkin beda.

Tak masalah kalau mau punya televisi di rumah. Tapi biar pengeluaran tak membengkak, pilih tipe yang biasa saja, tak perlu yang terlalu fancy. Penting juga untuk pilih yang hemat energi dan bijak dalam pemakaiannya kalau tak mau tagihan listrik jebol.

4. Kulkas

Kalau tak ada kulkas, bahan makanan bisa cepat rusak, dan ujung-ujungnya malah bisa jadi pengeluaran yang sia-sia.

Biar bisa tetap punya kulkas tapi tak membebani pengeluaran, rajin-rajin cari promo. Bisa juga di event clearance sale alias cuci gudang. Mungkin modelnya tidak up-to-date, tapi masih modern. Dan pastinya harga ringan di kantong.

Nah, kalau kebetulan Anda sedang berencana mengganti kulkas di rumah dengan yang baru, cek juga di beberapa e-commerce. Ada diskon lumayan besar biasanya, plus fasilitas cicilan 0 persen kalau beli pakai kartu kredit tertentu.

 

2 dari 3 halaman

5. Produk perawatan wajah dan tubuh

Ini tidak cuma terbatas hanya untuk kaum hawa ya. Pria zaman now juga sudah banyak yang makin sadar akan pentingnya hal yang satu ini. Jadi tidak heran kalau produk-produk perawatan jadi kebutuhan tambahan yang wajib ada di daftar belanja bulanan.

Tapi, supaya tetap bisa menjaga penampilan dan tidak membuat kantong bolong, harus ada strategi. Jangan malas cek harga ke beberapa toko retail dekat rumah untuk cari tahu mana yang paling murah. Kalau ada, beli yang ukuran besar dengan jumlah banyak agar lebih hemat.

6. Kendaraan pribadi

Sistem transportasi massa hingga kini masih belum bisa memberi rasa nyaman dan aman bagi banyak orang. Ini jadi salah satu alasan kenapa kendaraan pribadi, baik motor maupun mobil jadi barang yang grafik penjualannya stabil, dan bahkan terus naik dari tahun ke tahun.

Tapi semua juga tahu kalau harga kendaraan itu tidak murah. Kendaraan juga butuh perawatan agar tetap bisa digunakan dalam kondisi prima dan dalam jangka waktu yang lama.

Nah, beli kendaraan pribadi sekarang makin mudah karena bisa dicicil alias menggunakan sistem kredit. Saat memutuskan ambil kredit kendaraan, usahakan bayar uang muka dengan nominal besar. Ini supaya cicilan setiap bulannya ringan. Dan pilih juga tenor pendek, supaya kredit cepat lunas.

 

Artikel Selanjutnya
Ingin Hewan Kesayangan Lebih Menurut, Ini Tipsnya
Artikel Selanjutnya
Ini 4 Hal yang Terjadi Jika Alien Mendarat ke Bumi?