Sukses

6 Pekerjaan Sampingan yang Cepat Menghasilkan Uang

Ingin segera menghasilkan uang tambahan? Lakukan 6 pekerjaan sampingan berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Pekerjaan sampingan adalah jawaban untuk kita yang merasa pemasukan dari pekerjaan utama masih dirasa kurang. Tapi kira-kira apa ya pekerjaan sampingan yang cepat menghasilkan uang? Tentunya harus kembali ke keahlian kita masing-masing. Satu orang dan yang lain tentunya punya keahlian sendiri-sendiri. Keahlian itulah yang menentukan arah pekerjaan mana yang kira-kira cocok dan cepat menghasilkan uang.

Sebagai referensi, berikut ini sederet pekerjaan sampingan yang direkomendasikan DuitPintar.com. Coba intip, siapa tahu ada yang cocok.

1. Programmer

Tidak semua orang bisa membuat program Internet. Makanya, secara umum bayaran seorang programmer relatif tinggi. Karena itulah beberapa kantor pilih sewa jasa programmer handal part time. Bayaran akan diberikan per proyek kalau pakai programmer luar. Dengan demikian, kantor bisa hemat biaya gaji, tunjangan, dan lain-lain.

2. Website designer

Pekerjaan yang satu ini juga berhubungan dengan teknologi Internet. Bedanya, seorang web designer hanya bertanggung jawab mengelola desain website, seperti layout, tombol, gambar, dan ilustrasi. Web designer harus menguasai program seperti Adobe Photoshop, Ilustrator, dan 3Ds Max. Sedangkan programmer mesti ahli dalam hal bahasa kode pemrograman komputer, alias coding.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Translator

Menguasai bahasa asing adalah poin plus, terlebih bila aktif dan pasif. Setidaknya bahasa Inggris mesti dikuasai di era globalisasi seperti sekarang ini. Pekerjaan sampingan buat yang ahli bahasa asing adalah translator atau interpreter. Translator kerjanya menerjemahkan teks, sedangkan interpreter adalah penerjemah lisan. Biasanya, uang jasa interpreter lebih besar karena tanggung jawab yang lebih besar. Bayangkan kalau dalam suatu seminar, misalnya, interpreter salah menerjemahkan kalimat narasumber asing. Fatal akibatnya.

4. Penulis atau kontributor

Suka menulis? Bukan menulis status Facebook tentunya. Kalau ahli nulis artikel, bisa dicoba jadi penulis atau kontributor di media massa. Berhubung sekarang adalah era digital, pekerjaan sampingan menulis artikel bisa dilakukan untuk situs online. Tak hanya media, bisnis lain yang membutuhkan artikel pun kerap menerima kontributor dengan bayaran bervariasi.

3 dari 3 halaman

5. Fotografer dan videografer pernikahan

Hobi bisa menghasilkan uang. Tidak percaya? Tanya saja kepada yang suka mengabadikan foto dengan kamera DSLR. Banyak di antara mereka kerja di kantor Senin sampai Jumat, kemudian pada hari Sabtu atau Minggu jadi fotografer atau videografer pernikahan.

Bisa coba ajak wedding organizer untuk kerja sama. Bisa juga buat agensi sendiri, kerja sama dengan fotografer lepas lain sehingga bisa gantian bila ada job yang berbenturan dengan pekerjaan rutin.

6. Online dropshipper

Jangan cuma sering keluar uang di tengah maraknya tren belanja online. Situasi ini bisa kita manfaatkan untuk cari pekerjaan sampingan yang cepat menghasilkan uang, yakni jadi online dropshipper. Tak perlu modal, cukup hubungi produsen atau distributor produk yang dijual online. Nantinya, kita jual produk orang itu tanpa sedia stok. Saat ada pembeli, langsung kita hubungi orang tersebut untuk kirim barang setelah duit ditransfer. Kita dapat keuntungan dari selisih harga barang yang kita patok dengan harga dari produsen. Enam kerjaan sampingan di atas hanya contoh. Jelas masih ada banyak pilihan di luar sana untuk kita cari mana yang paling pas.Tapi tetap perlu diperhatikan kerjaan sampingan yang diminati. Terutama bila berburu lewat forum Internet. Pastikan pemberi job kredibel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini