Sukses

Kenali 4 Tanda-Tanda pada Wajah Orang yang Sedang Berbohong

Liputan6.com, Jakarta Pada masa kecil, umumnya orangtua mengajarkan bahwa berbohong adalah bentuk kesalahan. Seiring bertambahnya usia, Anda pun akan mengalami berbagai situasi di mana kebohongan tampak sebagai satu jalan keluar. Dalam bahasa Inggris, kebohongan semacam itu disebut white lies. Lepas dari polemik etis atau tidaknya berbohong, tindakan ini dilakukan oleh begitu banyak orang.

Anda mungkin adalah salah satu pelakunya atau mungkin juga korbannya. Melansir halaman Business Insider pada Selasa (22/11/17), ketika seseorang berbohong, sesungguhnya wajah orang tersebut menunjukkan tanda-tanda tertentu. Tanda-tanda itu yang biasanya diamati oleh polisi saat melakukan proses interogasi. Apa saja tanda-tanda tersebut?

Gerak bola mata

Bola mata dari seseorang yang merasa tak nyaman ketika “terjebak” dalam sebuah pertanyaan biasanya akan bergerak ke kiri dan ke kanan. Ini diperkirakan merupakan warisan cara manusia purba bertahan di hidup pada masa lalu. Dahulu kala, manusia yang menghadapi situasi berbahaya di suatu tempat akan mencari jalan yang bisa membawanya ke luar dari tempat itu sehingga gerak bola matanya lebih aktif.

 

1 dari 3 halaman

Menengok ke kanan

Orang yang non-kidal akan menoleh ke kanan ketika sedang berbohong. Jika orang tersebut menengok ke kiri, maka itu berarti bahwa ia sedang mengingat sebuah kejadian. Namun jika ia menggerakkan kepalanya ke kanan, artinya orang tersebut tengah memainkan imajinasinya dan mengarang sebuah pernyataan. Orang yang kidal akan berlaku sebaliknya.

Senyum palsu

Saat seseorang menjawab “ya” atau “tidak” sembari diiringi senyuman, maka senyuman tersebut bisa menjadi indikasi jujur atau tidaknya jawaban tersebut. Senyum yang jujur akan diiringi oleh bahasa mata yang tampak bahagia. Sedangkan senyum palsu hanya akan terjadi di bibir tanpa matanya berbicara.

 

2 dari 3 halaman

Garuk wajah dan berkeringat

Ada reaksi tertentu di tubuh ketika seseorang sedang berbohong. Salah satu dampaknya adalah wajah yang gatal. Oleh karena itu, orang yang tengah berbohong akan menyentuh wajah mereka. Selain itu, area kening, pipi, serta belakang leher pun akan mengeluarkan keringat secara berlebih.

Bio In God Bless

Artikel Selanjutnya
Studi Menunjukkan, Tersenyum Mampu Bikin Wajah Tampak Awet Muda
Artikel Selanjutnya
Sosok Mirip Yesus di USG Anaknya Bikin Pasutri Ini Bahagia