Sukses

Pembukaan Wonderful Indonesia Festival Bangkok Berlangsung Meriah

Serba Wow di Pembukaan Wonderful Indonesia Festival Bangkok

Liputan6.com, Bangkok Indonesia mengerahkan kekuatan penuh saat tampil pada pembukaan Wonderful Indonesia Festival di One World Mall, Bangkok, Jumat (17/11/2017) malam. Semua yang terbaik, terunik, terdahsyat, ditampilkan di sana.

Sejumlah Duta Besar negara sahabat pun dibuat terpukau dengan sajian budaya yang tak biasa. Begitu juga dengan masyarakat serta ekspatriat yang ada di Bangkok.

Di awal acara, tempat lalu lalangnya masyarakat Bangkok itu dibuat terpana dengan pemutaran video pariwisata Wonderful Indonesia: The Journey of a Wonderful World. Video yang sukses mendapat dua gelar juara dunia di kompetisi video pariwisata dunia yang digelar UNWTO atau lembaga PBB yang bergerak di bidang pariwisata.

“Kita ajak semuanya membayangkan destinasi keren di Indonesia. Setelah itu, kita ajak semuanya liburan ke Indonesia,” ujar Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara, Rizki Handayani Mustafa, Jumat (17/11/2017).

Selama tiga menit, penonton yang terdiri dari Duta Besar sejumlah negara sahabat, ekpatriat, dan warga Bangkok serius menyaksikan video tersebut. Begitu juga Kapten Darsito Hendroseputro, CEO Thai Lion, dan perwakilan Thai Travel Agents Association. Semua dibuat takjub saat menyaksikan tayangan beragam keindahan destinasi pariwisata Nusantara, seperti Yogyakarta, Bali, Lombok, Jakarta, Toraja, Raja Ampat, serta Wakatobi.

“Karya luar biasa itu ditonton oleh sejumlah Duta Besar negara sahabat. Dan ending-nya seluruh audience memberikan applaus meriah terhadap tayangan video Wonderful Indonesia tadi,” ucap Rizki.

Setelah tayangan video kelas dunia, publik Bangkok kembali dibuat terpana dengan suguhan pertunjukan kostum karnaval bak Rio de Janeiro. Tim Malang Amore Carnival yang diboyong Kementerian Pariwisata (Kemenpar) langsung jadi pusat perhatian. Kostum karnaval bercorak Garuda dan Cenderawasih lengkap dengan mahkota di kepala mendapatkan banyak pujian dari pengunjung. Beberapa bahkan sampai rela antre untuk ber-selfie ria.

"Kostumnya bagus sekali. Sangat unik," kata Adul Chaiprasithikul, warga Bangkok.

"Sangat fantastis. Melihat kostum karnaval khas Indonesia tidak membuat saya bosan," ujar Pongsudhirak, warga Bangkok lainnya.

Soal kostum karnaval, Malang Amore memang salah satu juaranya. Beragam penghargaan dunia sudah sering mereka raih, mulai dari The Best Costume di Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, hingga Berlin.

“Kami ingin membuktikan pada publik Bangkok bahwa kostum original kita bisa bersaing di level global. Dan kebetulan Pak Menpar Arief Yahya itu sudah sering membawa Malang Amore itu ke berbagai travel mart, festival dan show di berbagai penjuru dunia,” ujar CEO Founder Malang Amore Carnival, Yoseph Agus Kristian.

Duta Besar RI untuk Bangkok, Thailand, Ahmad Rusdi dan Ketua Tim Percepatan Wisata Kuliner dan Belanja Kemenpar Vita Datau Messakh, ikut angkat jempol. Keduanya mengaku salut dengan kreativitas yang ditampilkan di Wonderful Indonesia Festival Bangkok.

“Saya sangat senang acaranya heboh. Banyak diplomat negara sahabat yang memuji kreativitas ini. Semuanya bagus. Saya harap setelah ini kunjungan wisman dari Thailand meningkat tajam,” ucap Ahmad.

Potensi itu menurutnya masih sangat terbuka lebar. Pada 2016 saja, kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Negeri Gajah Putih menembus 32,4 juta.

“Itu data Survei Mastercard Index of Global Destination Cities. Kalau kita dapat 10 persennya saja sudah sangat bagus dan saya lihat trennya sedang menuju ke sana,” kata Ahmad.

Vita Datau Messakh juga tak mau ketinggalan memberikan pujian. Baginya, Festival Wonderful Indonesia di Bangkok ini menampilkan konten yang sarat makna dan disajikan dengan narasi yang populer serta mudah dicerna.

"Dengan kualitas global, festival ini cukup menarik perhatian para pengunjung Central World Mall ini. Penyajiannya sangat kreatif. Seni budaya termasuk wayang, cerita rakyat, batik, dan tenun yang semuanya bermuara pada cerita destinasi. Apalagi dilengkapi dengan sistem digital layar sentuh di pusat informasi. Konsepnya sangat kuat,” ujarnya.

Dengan kemasan seperti tadi, Vita pun yakin publik Thailand bisa ditarik untuk berwisata ke Indonesia. Destinasi andalan seperti Jakarta, Banten, Bandung, Yogjakarta, Solo, Semarang, Bali, Lombok, dan Medan, jadi makin banyak diburu wisman dan ekspatriat yang ada di Thailand.

Riuhnya pembukaan Wonderful Indonesia Festival Bangkok juga direspons Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya.

"Bagus. Tinggal menunggu impact-nya terhadap target kunjungan wisman asal Thailand ke Indonesia,” ucapnya.

Arief pun berterima kasih pada Duta Besar RI di Bangkok dan sejumlah Dinas Pariwisata daerah yang telah bersama-sama mempersiapkan acara tahunan ini.

“Terima kasih atas kerja keras semuanya menyiapkan lokasi ideal yang fun, simple, dan bersahabat seperti Wonderful Indonesia Festival Bangkok. Salam Wonderful Indonesia,” kata dia.

 

 

(*)

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini