Sukses

Sail Sabang Dipromosikan di Pesona Indonesia Aceh Night in Bali

Kemenpar Promosikan Gaung Sail Sabang di Aceh Night in Bali

Liputan6.com, Kuta Perhelatan akbar Sail Sabang 2017 akan berlangsung dalam beberapa hari lagi. Tepatnya pada tanggal 28 November hingga 5 Desember 2017, acara yang rencananya akan dihadiri Presiden Joko Widodo itu akan dihelat di Pulau Sabang, Aceh.

Untuk memaksimalkan acara tersebut, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Aceh menggelar gaung promosi di Pulau Bali dengan tagline acara Pesona Indonesia Aceh Night in Bali. Acara yang dihadiri ribuan orang ini digelar di Lippo Mall Kuta Bali, Sabtu, (18/11/2017).

"Seperti yang sering diungkapkan Bapak Menteri Pariwisata Arief Yahya bahwa memancing pilihlah kolam yang berjubel ikannya. Ini sudah tepat dilakukan, karena 40% wisatawan mancanegara datang ke Bali. Jadi tidak salah jika Bali menjadi tempat yang tepat untuk berpromosi, dan lihat sendiri, semua wisatawan terlihat antusias dengan acara ini," ujar Asisten Deputi Pengembangan Komunikasi Pemasaran Pariwisata Nusantara, Putu Ngurah, seusai Acara Pesona Indonesia Aceh Night in Bali.

Ia melanjutkan, jika promosi Sail Sabang tidak hanya dilakukan pada saat itu saja, tetapi juga sudah dilakukan jauh-jauh hari. Promosinya pun sudah digencarkan hingga ke luar negeri. Deputi Bidang Pemasaran Mancanegara Kemenpar dan Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar semuanya all out mempromosikan event berskala internasional ini.

"Ini even besar, even Internasional. Presiden Joko Widodo juga bakal hadir, sehingga promosi Sail Sabang sudah kita lakukan sejak lima bulan lalu di berbagai lini, mulai dari TV, media online, hingga media sosial. Bahkan, di terakhir di WTM London juga kita promosikan. Tinggal pelaksanaan dan dukungan seluruh masyarakat Sabang untuk menyukseskan acara ini," ucap Putu.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Aceh, Reza Fahlevi, mengatakan bahwa dalam acara 'Pesona Indonesia Aceh Night In Bali', pihaknya ingin menyampaikan seluas-luasnya tentang Sail Sabang yang digelar di Aceh, terutama bagi wisatawan mancanegara (wisman) di Bali, sehingga wisman tertarik datang ke Aceh.

"Di sini kami tampilkan berbagai kegiatan berhubungan dengan Sail Sabang 2017 serta berbagai informasi pariwisata lainnya di Aceh.Tujuannya tidak lain untuk mengajak para wisman yang ada untuk datang menikmati keindahan alam dan budaya di Sabang,” kata dia.

Selain keindahan alam Sabang dan pesona alam bawah lautnya, Aceh juga akan menyajikan berbagai kuliner khas Aceh yang dapat dinikmati para pengunjung secara gratis. Terdapat pula pagelaran seni Tari Saman, Tarik Pukat, Rapai Geleng, puisi, dan lagu.

"Sabang layak mendapatkan perhatian dari para insan traveler dan wisman. Mengapa? Keindahan alam dan budaya yang luar biasa. Kami berharap Sabang bisa menjadi destinasi unggulan pemerintah setelah pangelaran Sail Sabang 2017 ini," ujar Reza.

Dalam acara Pesona Indonesia Aceh Night in Bali turut hadir Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali A A Gede Yuniartha Putra, Anggota Komisi X DPR RI Muslim, dan Bupati Aceh Singkil Dulmursid. Menteri Pariwisata Arief Yahya memang tidak ada lelahnya memberikan semangat mendorong pariwisata Indonesia agar lebih maju ke semua pihak, termasuk mendorong Aceh agar selalu mengobarkan semangat memajukan pariwisata Indonesia ke daerah manapun.

Event Sail Sabang 2017 akan menjadi momentum untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisman (yacht, cruise, dan diving) ke Sabang,” ucap Menteri Pariwisata, Arief.

Ia mengatakan, Sabang telah ditetapkan sebagai salah satu destinasi unggulan untuk wisata bahari karena potensi alam dan lokasinya yang strategis, sehingga setiap tahun disinggahi puluhan kapal pesiar (cruise) maupun kapal yacht dari mancanegara.

“Di kalangan wisatawan penggemar marine tourism, Sabang dikenal sebagai destinasi favorit karena para traveller bisa melakukan berbagai aktivitas antara lain diving, snorkling, fishing, sunbathing, dan kegiatan wisata bahari lainnya dengan spot-spot yang menarik,” kata Arief.

 

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini